Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GoPro Bakal Bikin "Drone" Sendiri

Kompas.com - 28/05/2015, 13:44 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com — Selama ini, GoPro dikenal sebagai perusahaan pengembang perangkat kamera aksi (action cam). Namun, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut tampaknya tidak puas bermain di pasar itu saja.

Dalam acara Code Conference di California, AS, Rabu (27/5/2015), CEO GoPro Nick Woodman membeberkan rencana perusahaan tersebut untuk bermain di industri drone atau helikopter mini.

Menurut Woodman, perangkat drone merupakan bisnis yang sangat masuk akal bagi GoPro sehingga mereka akhirnya memutuskan untuk bergabung ke persaingan perangkat tersebut.

Sekadar informasi, GoPro selama ini banyak merilis kamera berjenis camcorder. Karena memiliki bodi yang kokoh dan ringan, perangkat tersebut banyak digunakan untuk merekam video olahraga ekstrem. Tidak jarang juga, perangkat tersebut dipasangkan di perangkat drone.

Nah, melihat peluang di pasar drone itu masih besar, maka tidak aneh bagi GoPro untuk membuat produk itu sendiri. Daripada dipasangkan dengan drone buatan perusahaan lain, mengapa tidak membuat drone sendiri saja, bukan?

"Ini (drone) cukup inti bagi bisnis kami sehingga masuk akal untuk membuatnya sendiri," kata Woodman. Meskipun begitu, Woodman tetap menekankan bahwa produk kamera GoPro tetap bisa digunakan di drone merek lain.

Masih belum banyak detail yang dibeberkan oleh Woodman mengenai produk drone-nya tersebut. Pun demikian, seperti dikutip KompasTekno dari The Verge, Kamis (28/5/2015), ia mengungkapkan bahwa drone buatan GoPro sudah akan diluncurkan pada pertengahan tahun pertama di 2016.

Tidak disebutkan juga kisaran harga dari perangkat tersebut. Akan tetapi, Woodman sedikit membocorkan bahwa drone buatan GoPro akan ada di segmen "consumer". Artinya, seharusnya harganya tidak akan jauh berbeda dari drone buatan perusahaan lain, seperti DJI, Parrot, dan 3D Robotics.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com