Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Berkolaborasi dengan Lenovo Padukan Cortana

Kompas.com - 29/05/2015, 12:19 WIB
Bambang Priyo Jatmiko

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Microsoft dan Lenovo berkolaborasi untuk memadukan Cortana dan REACHit sehingga memudahkan pengguna melakukan pencarian file maupun konten yang ada pada PC Lenovo dengan basis operasi Windows 10.

Cortana adalah asisten digital pribadi berbasis suara yang hadir pada PC, tablet, dan ponsel berbasis Windows 10 yang memungkinkan penggunanya untuk berbicara atau mengetik secara alami sampai selesai.

Melalui kolaborasi Cortana dan REACHit, pengguna bisa memperluas pencarian konten pribadi, baik berupa foto, video, file, atau e-mail. Termasuk menjangkau sampai ke layanan cloud pribadi yang terkoneksi dengan dan PC Lenovo Windows 10 maupun tablet.

Vice President, Ecosystem and Cloud Services, Lenovo Mark Cohen menuturkan bahwa saat ini setiap orang mendapat kemudahan untuk mengumpulkan konten digital pribadi dalam jumlah yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

“Begitu banyak informasi sehingga bisa menjadi amat sulit untuk mengingat di mana ia disimpan. Apa yang Anda butuhkan adalah seorang asisten yang selalu siap membantu," ujarnya dalam presentasi pada acara Lenovo Tech World, kamis (28/5/2015).

Dia mencontohkan seorang pengguna yang ingin menemukan foto yang disuntingnya di laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon. Meski sedang tidak membawa laptop itu, dia tak perlu pulang ke rumah untuk mengambil file yang dia cari.

Bahkan dengan Cortana dan REACHit, dia bahkan tak perlu mengingat nama file dari foto itu, cukup lokasi di mana dia menyuntingnya, atau tanggal atau informasi lainnya yang relevan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com