Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Cardboard Sudah Dukung iPhone

Kompas.com - 29/05/2015, 13:33 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Google mengumumkan versi baru dari Cardboard di ajang Google I/O, Kamis (28/5/2015) waktu setempat. Dalam model terbarunya ini, raksasa internet itu ingin semakin mewujudkan gagasannya untuk membuat headset VR (virtual reality) murah meriah yang bisa didapatkan oleh siapa pun.

Sebagai langkah konkrit, Google membuka software development kit (SDK) dari aplikasi Cardboard untuk digunakan di iOS. Itu artinya, untuk ke depannya, Cardboard tidak hanya bisa digunakan di smartphone berbasis Android saja, tetapi berkembang ke smartphone berbasis iOS, iPhone.

"Cardboard SDK harus bisa bekerja untuk semua smartphone. Jadi, mulai hari ini Cardboard SDK tersedia untuk Android dan iOS," tutur Clay Bavor, VP Product Management Google, seperti KompasTekno kutip dari The Verge.

Selain membuka SDK untuk iOS, Google juga merilis aplikasi Cardboard untuk iOS. Menggunakan aplikasi tersebut, pengguna iPhone dapat menikmati tampilan virtual di sudut kota tertentu, virtual kaleidoscope, dan menikmati objek 3D di museum.

Tidak hanya dari segi software, Google juga mengembangkan desain dari Cardboard. Di update terbarunya, Cardboard sudah mendukung smartphone dengan bentang layar 6 inci. Dengan dukungan bentang layar tersebut, iPhone seri terbaru, 6 dan 6 Plus, tentunya sudah bisa digunakan di Cardboard.

"Selama ini desain Cardboard sebenarnya sudah bagus, tetapi semakin banyak ponsel berlayar besar," demikian penjelasan Bavor di balik keputusan Google untuk menghadirkan Cardboard dengan desain baru ini.

Selain itu, tombol magnet yang ada di Cardboard lama pun dihilangkan. Kini, Google menggantinya dengan sebuah tombol lain yang dikatakan mampu bekerja di semua smartphone.

Versi pertama dari Cardboard sendiri diumumkan untuk pertama kalinya pada ajang Google I/O tahun 2014 lalu. Gagasan di balik Cardboard adalah membuat headset VR murah meriah yang bisa didapatkan oleh siapa pun. Begitu headset kardus selesai dibuat, pengguna tinggal memasang smartphone Android, dan kini iPhone, ke dalamnya dan mulai menikmati tampilan 3D.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com