Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiongkok Punya Mesin ATM dengan Pengenal Wajah

Kompas.com - 02/06/2015, 10:34 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Tiongkok menjadi negara pertama yang memperkenalkan teknologi pengenal wajah dalam mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

Pada Jumat (29/5/2015) lalu, sebuah tim yang terdiri atas sebuah universitas dan perusahaan teknologi di Tiongkok memperkenalkan mesin ATM dengan teknologi pengenal wajah (facial recognition).

Mesin ATM baru buatan Tsinghua University dan Tzekwan Technology tersebut memiliki kamera yang akan merekam foto wajah dan membandingkannya dengan foto identitas untuk verifikasi.

Teknologi pengenal wajah ini akan menjadi lapisan pengaman identitas selain password atau PIN yang dibutuhkan untuk melakukan tarik tunai dengan kartu ATM.

Mesin ATM ini juga bisa terhubung dengan bank atau kantor polisi untuk menambah keamanan.

Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Senin (1/6/2015), selain teknologi pengenal wajah, mesin ATM ini juga memiliki fitur anti-penipuan dan diklaim memiliki penanganan kerja yang lebih cepat.

ATM-ATM di Tiongkok saat ini memang masih bergantung pada teknologi impor, namun mesin ATM baru ini diklaim menggunakan teknologi asli buatan Tiongkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com