Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersedia 29 Juli, Ini Harga Windows 10 Original

Kompas.com - 03/06/2015, 16:27 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Misteri perihal tanggal peluncuran Windows 10 akhirnya sudah terjawab. Sistem operasi terbaru Microsoft ini bakal tersedia secara resmi di 190 negara pada 29 Juli 2015 mendatang.

Pertanyaannya, berapa harga yang akan dilabeli oleh Microsoft untuk Windows 10 itu? Berdasarkan keterangan Microsoft, seperti KompasTekno kutip dari Cnet, Rabu (3/6/2015), harga jual Windows 10 nantinya tidak akan berubah dari versi sebelumnya, Windows 8.1.

Sama seperti Windows 8.1, bakal ada dua versi untuk Windows 10, yaitu Windows 10 Home dan Windows 10 Professional.

Windows 10 versi Home akan dijual dengan harga 119 dollar AS atau sekitar Rp 1,6 juta. Adapun Windows 10 Professional akan dibanderol 199 dollar AS atau sekitar Rp 2,6 juta.

Windows 10 sendiri sebenarnya bakal dirilis gratis sebagai update untuk dua seri Windows versi sebelumnya, yakni Windows 7 dan Windows 8.1. Upgrade itu sendiri berlaku gratis selama satu tahun penuh.

Harga-harga yang sudah disebutkan di atas berlaku bagi pengguna PC yang masih menggunakan Windows dalam versi yang lebih lama dari kedua versi tersebut. Harga tersebut juga ditujukkan bagi pengguna yang selama ini belum memiliki Windows.

Tidak disebutkan, apakah pengguna Windows 10 gratis yang sudah mencapai 1 tahun harus membeli lisensi dengan harga retail tersebut atau tidak.

Upgrade gratis Windows itu sendiri nantinya akan memberikan pengguna Windows 10 dalam versi yang sama dengan sebelum upgrade. Sebagai contoh, apabila pengguna menggunakan Windows 8.1 versi Home, maka nantinya ia akan mendapatkan Windows 10 versi Home.

Peningkatan versi Windows dimungkinkan, asalkan pengguna membayar uang tambahan sebesar 99 dollar AS atau sekitar Rp 1,3 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com