Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indosat Bangun Fasilitas Monitoring Jaringan Terintegrasi

Kompas.com - 09/06/2015, 14:32 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Indosat meresmikan fasilitas pemantauan performa jaringan secara nasional yang disebut dengan Indosat Network Operation Center (atau disingkat i-NOC).

i-NOC yang dibangun Indosat di kantor pusatnya tersebut merupakan gabungan dari enam pusat kendali berbeda yang dimiliki PT Indosat, IM2, serta Lintasarta yang merupakan anak usaha Indosat.

"Kendali kontrol ini telah ada sejak lama, namun baru kali ini kami mengintegrasikannya antara pelanggan seluler, korporat, dan pelanggan umum Indosat," ujar Presiden Direktur Indosat, Alexander Rusli saat acara peresmian di Jakarta, Selasa (9/6/2015).

Dengan fasilitas ruang kendali yang terintegrasi tersebut, diharapkan bisa mempercepat penanganan gangguan jaringan yang dialami pelanggan, sekaligus memberikan ruang kerja yang nyaman bagi karyawan Indosat.

"Timing peresmian i-NOC jni juga tepat karena menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri," imbuh Alex.

Seperti diketahui, lalu-lintas seluler baik data, suara atau teks biasanya melonjak di saat-saat menjelang lebaran.

"i-NOC akan memastikan komunikasi pelanggan berjalan lancar dan nyaman, terutama selama periode traffic telekomunikasi yang padat seperti Ramadhan dan mudik lebaran," imbuh John M. Thompson, Director & Chief Technology Officer Indosat.

Untuk membangun fasilitas i-NOC ini, John Thompson mengklaim Indosat menginvestasikan dana hingga Rp 10 hingga 11 miliar rupiah. Investasi tersebut kebanyakan digunakan untuk hardware dan software, karena untuk gedung Indosat memanfaatkan bangunan yang sudah ada.

Pantauan KompasTekno, fasilitas i-NOC yang dimilki Indosat layaknya pusat kendali dengan banyak layar lebar di depan yang menampilkan berbagai status informasi layanan Indosat, seperti status jaringan 4G, kabel optik, lalu-lintas data, dan sebagainya.

i-NOC juga dilengkapi dengan fasilitas perangkat teleconference dan akses ke semua jaringan Indosat untuk memudahkan koordinasi dengan semua kendali jaringan Indosat di daerah-daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com