Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berpaling dari Android ke iOS Makin Mudah

Kompas.com - 09/06/2015, 15:08 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Apple punya cara baru menggaet pengguna Android. Dengan aplikasi bernama "Move to iOS'', Apple menjanjikan kemudahan untuk memindahkan segala data dari Android ke perangkat iOS.

Data tersebut mencakup kontak, rekam jejak pesan, kalendar, buku, penanda situs, foto dan video. Aplikasi-aplikasi yang sebelumnya telah diunduh di perangkat Android juga bisa dipindahkan dengan cepat ke perangkat iOS.

"Tinggal unduh aplikasi Move to iOS. Pengguna dapat memindahkan semua yang ada di perangkat Android ke perangkat iOS secara nirkabel,'' kata perwakilan Apple, sebagaimana dikutip KompasTekno, Selasa (9/6/2015) dari Cnet.

Untuk aplikasi gratis, seperti Twitter dan Facebook, pengguna tetap diminta mengunduh ulang melalui toko aplikasi Apple App Store. Sementara itu, aplikasi berbayar Android yang juga ada di iOS bakal masuk daftar aplikasi untuk diunduh di App Store.

Langkah agresif Apple patut membuat pabrikan ponsel Android waswas. Pasalnya, lewat "Move to iOS'', Apple juga ''membujuk'' pengguna barunya mendaur ulang ponsel Android ke gerai resmi Apple.

Sebelumnya, pada April lalu Apple juga memberikan penawaran serupa. Pengguna Android yang ingin memiliki iPhone bisa datang ke gerai Apple dengan menukar dan menambah selisih harga perangkat Android-nya.

Penawaran menggiurkan tersebut tampaknya dijadikan strategi Apple untuk mendominasi pasar dan melengserkan kompetitornya. Aplikasi ''Move to iOS'' tersedia untuk perangkat Android dan bakal dirilis pada kuartal ketiga 2015. Yakni bersamaan dengan peluncuran sistem operasi teranyar iOS 9.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com