Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4G Smartfren Kok Cuma Tembus Puluhan Mbps?

Kompas.com - 10/06/2015, 14:59 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Operator seluler Smartfren Telecom, Selasa (9/6/2015) kemarin, meluncurkan lima model smartphone Andromax dengan kapabilitas 4G LTE. Kemunculan ponsel-ponsel itu masih belum didampingi dengan ketersediaan jaringan 4G LTE Smartfren yang disebut baru akan digelar pada semester kedua tahun ini.

Berapa kecepatan transfer data yang bisa diharapkan oleh para pelanggan 4G LTE Smartfren? Direktur Smartfren Telecom Merza Fachys memberikan perkiraan angka yang konservatif, tak sampai seratus Mbps.

Demikian pula Kepala Brand Smartfren Telecom, Roberto Saputra yang menyebutkan kecepatan koneksi rata-rata di kisaran 20 Mbps. Dia beralasan Smartfren tak mau muluk-muluk menjanjikan ratusan Mbps seperti operator-operator seluler lain lantaran tidak mau mengecewakan pelanggan.

"Karena yang kami kejar itu stabilitas. Streaming film HD misalnya, itu 2 Mbps juga cukup asal tidak naik turun. Stabilitas inilah yang banyak dikomplain oleh pelanggan," kata Roberto saat dijumpai Kompas Tekno usai acara peluncuran lima ponsel Andromax 4G di bilangan Senayan, Jakarta.

Kualitas layanan disebut Roberto sebagai hal yang krusial bagi Smartfren . Operator yang sedang melakukan transisi dari teknologi CDMA ke LTE ini tak mau dicap buruk oleh pelanggan saat debut perdananya memasuki era 4G LTE nanti.

"4G ini adalah pertaruhan kami," kata Roberto. "Salah sedikit, orang bisa bilang itu gara-gara Smartfren dulunya CDMA. Makanya kami sangat hati-hati.

70 Persen

Smartfren sendiri dijadwalkan mulai menggelar ujicoba jaringan 4G LTE di Bali, sekitar pertengahan Juni 2015, setelah lebih dulu mengantongi  sertifikat Uji Laik Operasi (ULO) untuk komersialisasi jaringan 4G pada bulan Mei lalu.

Layanan 4G Smartfren dijanjikan bakal bisa dinikmati oleh pelanggan di seluruh wilayah yang sudah terjangkau oleh layanan CDMA Smartfren saat ini, yang antara lain mencakup wilayah-wilayah di pulau Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Sebanyak 6.000 BTS Smartfren di seluruh Indonesia yang melayani pelanggan CDMA secara bertahap diperbarui agar mendukung 4G LTE.

Roberto mengaku belum bisa mengungkapkan wilayah atau kota mana saja yang akan menjadi lokasi awal penggelaran jaringan 4G LTE Smartfren.

Menurut dia, Smartfren bakal meninjau cakupan jaringannya di suatu wilayah terlebih dahulu sebelum mulai menggelar layanan 4G LTE di daerah yang bersangkutan, untuk meyakinkan jaringan berkecepatan tinggi itu benar-benar sudah siap diaktifkan.

"Setelah 70 populasi tercakup jaringan Smartfren, baru 4G akan digelar. (Operator) Yang lain mungkin sudah mau launch saat baru 200-an BTS yang bisa 4G, sehingga sinyal 4G sering putus-nyambung. Kami tidak mau seperti itu," kata Robert.

Smartfren berencana menggelar layanan 4G LTE secara bersamaan di pita 850 MHz (FDD) dan 2.300 MHz (TDD), di mana operator seluler itu memiliki alokasi frekuensi masing-masing sebesar 10 MHz dan 30 MHz.

Adapun pemilik smartphone Andromax 4G masih bisa terhubung melalui koneksi data CDMA EVDO Smartfren selagi menunggu ketersediaan jaringan 4G LTE operator seluler tersebut. Saat jaringan 4G sudah aktif, ponsel Andromax 4G dijanjikan bisa langsung tersambung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com