Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, Sosok Arloji Pintar Bikinan Nokia

Kompas.com - 14/06/2015, 10:34 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com — Pabrikan smartphone legendaris Nokia rupanya pernah berniat terjun ke ranah wearable device. Sebuah produk arloji pintar bernama Moonraker pun disiapkan agar meluncur bersama dengan Lumia 930, tetapi hal itu tak pernah terjadi.

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari The Verge (13/6/2015), Moonraker dibatalkan oleh Microsoft setelah mengakuisisi divisi ponsel Nokia.

Raksasa software tersebut lebih memilih untuk mengembangkan wearable device miliknya sendiri yang bernama Microsoft Band.

Sempat ditunjukkan kepada hadirin acara Mobile World Congress tahun lalu, Moonraker bukan sekadar perangkat konsep, melainkan telah mewujud dalam bentuk prototipe.

Nokia Antarmuka jam tangan pintar Nokia Moonraker

Desain Moonraker mengacu pada antarmuka Metro UI di sistem operasi Windows Phone yang dipakai oleh smartphone Nokia Lumia.

Arloji pintar ini bisa menjalankan aplikasi pesan, e-mail, telepon, remote control kamera, serta Facebook dan MixRadio.

Ia juga memiliki tampilan utama (face) yang bisa dimodifikasi dan sabuk beraneka warna. Sayang, Moonraker agaknya tak bakal pernah meramaikan jagat wearable device.

Akan halnya Microsoft, perusahaan itu sedang menyiapkan generasi kedua dari Band yang akan dirilis menjelang akhir tahun ini, seiring dengan kehadiran sistem operasi Windows 10.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com