Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juli, Android Cicipi Microsoft Cortana

Kompas.com - 17/06/2015, 12:31 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Tak lama lagi, pengguna ponsel Android akan bisa mencoba aplikasi asisten pribadi Cortana tanpa harus menggunakan Windows Phone. Aplikasi berbasis suara tersebut rencananya akan dirilis dalam versi beta pada Juli 2015 mendatang.

Cortana untuk Android akan sangat berbeda dibandingkan dengan versi Windows 8.1 dan 10. Microsoft mengatakan versi Android tidak akan mendapatkan seluruh fiturnya, melainkan hanya berfungsi sebagai aplikasi pendamping.

Pengguna ponsel Android dapat memakai Cortana untuk mensinkronkan informasi antara PC Windows 10 dengan berbagai patform lainnya. Contohnya dalam hal mengatur alarm pengingat.

"Menggunakan ponsel Android, Anda bisa meminta Cortana mengatur pengingat untuk membawa anjing Anda berjalan-jalan pada pukul 8.00 malam. Kemudian saat Anda sedang menonton film menggunakan Xbox, Cortana akan menghentikan film dan memunculkan pengingat yang sudah dipasang sebelumnya," tulis Program Manager Cortana Marcus Ash, seperti dilansir KompasTekno dari blog resmi Windows, Rabu (17/6/2015).

Selain membuat pengingat waktu, pengguna Cortana untuk Android tetap bisa menggunakannya untuk mencari jawaban dari pertanyaan tertentu. Contohnya mencari tahu soal prediksi cuaca.

Dalam blog yang sama, Ash juga menyebutkan bahwa Xbox juga akan kebagian Cortana. Gamer bisa memerintahkan aplikasi asisten pribadi itu menggunakan suara, misalnya untuk mencari permainan tertentu, mencari lawan tanding atau kawan baru via Xbox Live.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com