Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik, Emoji Bisa Jadi Password

Kompas.com - 17/06/2015, 14:51 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com- Kata sandi yang paling banyak digunakan di ranah maya adalah ''123456'', ''password'' dan ''12345678''. Tampaknya, isu peretasan belum jadi perhatian bagi mereka yang menyematkan kata sandi yang mudah ditebak itu.

Atau bisa jadi mereka dirundung dilema. Di satu sisi, jika pakai kata sandi gampang diingat, risikonya mudah tertebak. Di sisi lain, menggunakan kata sandi sulit tertebak juga akan sulit diingat.

Untuk itu, firma peranti lunak perbankan digital asal Inggris, Inteligent Environtments (IE), berinovasi mengganti kata sandi angka dan huruf menjadi emoji.

"Bermain dengan kemampuan manusia mengingat gambar akan menjadi sejarah baru,'' kata penulis buku mengenai otak, Tony Buzan, sebagaimana dikutip KompasTekno, Rabu (17/6/2015) dari TheVerge.

Ada 44 emoji yang digunakan untuk empat karakter sandi yang digunakan IE. Perusahaan tersebut mengklaim emoji lebih gampang diingat dan lebih sulit tertebak.

Pasalnya, bakal ada 3.498.308 kemungkinan untuk menebak kata sandi seseorang. Sedangkan untuk empat karakter sandi tradisional hanya mengakomodir 7.290 padanan.

Cara ini juga diharapkan bisa menghentikan masyarakat memilih kata sandi berdasarkan momen penting. Misalnya ulang tahun, hari jadian atau hari pernikahan. Kata sandi seperti itu akan sangat mudah ditebak.

Namun, sejauh ini IE belum mematenkan inovasi tersebut. Jadi, perusahaan manapun yang ingin memperkenalkan kata sandi emoji dapat melakukannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com