BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo
Memilih Perangkat Pendukung 4G LTE

Memilih Perangkat Pendukung 4G LTE

Kompas.com - 19/06/2015, 13:05 WIB
COPYWRITER

Penulis

Untuk menikmati kencangnya jaringan 4G LTE bukan hanya operator dan pemerintah yang sibuk membangun infrastruktur. Kita, sebagai pengguna pun juga harus rela mengganti smartphone lama dengan smartphone yang sudah mendukung 4G LTE.

Dukungan jaringan 4G LTE di frekuensi 900 dan 1800 Mhz saat ini sudah dapat dinikmati di sebagian wilayah di Indonesia. Jakarta, Bali, Medan, Yogyakarta dan Bogor adalah beberapa kota yang sebagian wilayahnya sudah mendukung jaringan 4G LTE. Seperti yang kita ketahui, untuk menikmati jaringan 4G LTE selain harus berada dalam jangkuan sinyal, pengguna juga harus mengganti sim card dan harus rela mengganti smartphonenya dengan perangkat yang sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Menikmati jaringan 4G LTE berarti kita akan menikmati lancar dan kencangnya streaming video, koneksi internet, download atau upload. Jadi, paling tidak smartphone yang akan menjadi pilihan untuk menikmati 4G LTE adalah smartphone yang memang mampu mengimbangi kecangnya jaringan 4G LTE. Nah, sebelum menentukan smartphone mana yang akan menjadi pilihan penggati smartphone kita saat ini, sebaiknya simak tips berikut ini.

4G LTE butuh "jalur" besar untuk lalu lintas data
Smartphone yang mendukung jaringan 4G LTE sebaiknya adalah smartphone yang mempunyai memori internal (RAM) di atas 512MB. Karena, kecepatan jaringan 4G LTE untuk streaming video HD hingga bermain game 3D dapat dipenuhi dengan kapasitas memori internal yang besar.

Dukungan OS terbaru
Pastikan smartphone yang akan kita pilih punya kemampuan untuk meng-upgrade sistem operasinya (OS). Karena, sistem operasi ternyata juga harus kompatibel dengan arsitektur 64 bit yang biasanya sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Kemampuan menangkap sinyal dan "jeroan"
Smartphone yang sudah mendukung 4G LTE harus punya penangkap sinyal yang kuat dan prosesor yang mumpuni. Layaknya Oppo R7 yang sudah dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 615 Octa-core 1,5 GHz 64-bit yang dapat mendukung dual sim 4G LTE standby. Belum lagi, Oppo R7 ini juga telah dibenamkan memori internal 16GB dan dapat mampu ditambahkan memori eksternal hingga 128GB.

Selain itu, kecepatan akses internet 4G LTE dari Oppo ini sebesar 150 Mbps. Angka tersebut sangat cukup untuk mengakses beragam konten online. Sistem operasi dari Oppo R7 memang menggunakan Color OS 2.1 namun tetap bebasis Android Kitkat 4.4.2 dan bisa diupgrade menjadi berbasis Andorid Lollipop.

Kemampuan OK, fitur lain OK
Smartphone seperti oppo R7 memang sudah sangat siap memanjakan kita menikmati jaringan 4G LTE. Bukan hanya dengan kemampuannya, ada fitur lain yang juga menjadi nilai tambah. Sebut saja kurva Micro Arc yang membuat Oppo R7 ini lebih ergonomis dengan sudut yang lebih halus sehingga sangat nyaman digenggam.

Belum lagi Oppo R7 hadir dengan layar AMOLED Full HD dengan resolusi 1920x1080 dan kerapatan piksel mencapai 423ppi, sehingga saat kita menikmati video atau bermain game tampilan di layar tetap tajam dan tidak membuat mata lelah. oppo R7 juga membuat hasil tangkapan momen kita lebih ideal, karena smartphone ini sudah dilengkapi kamera 13MP dengan semua parameter pemotretan seperti white balance, exposure, shutter, ISO, metering.

Terakhir untuk mendukung mobilitas kita yang tinggi, Oppo R7 pun menyediakan VOOC mini, Portable and Fastest. Yaitu, kemampuan Oppo R7 yang mampu melakukan pengisian baterai dengan lebih cepat dan aman dari yang lainnya. Bahkan, untuk mengisi baterai Oppo R7 hingga 75%, kita hanya butuh waktu sekitar 30 menit pengisian.

(Mulk)

Baca tentang

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com