Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Intel Ubah Android Jadi "Keyboard" PC

Kompas.com - 23/06/2015, 10:17 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Intel meluncurkan sebuah aplikasi remote untuk mengendalikan PC. Menggunakan aplikasi tersebut, smartphone Android bisa menjadi keyboard serta mouse yang dapat mengendalikan komputer.

Aplikasi bernama Intel Remote Keyboard ini untuk komputer mini buatannya, yaitu Compute Stick dan Next Unit Computing (NUC). Dalam paket penjualannya, kedua komputer yang dimaksud memang tidak menyertakan keyboard serta mouse fisik sehingga aplikasi ini akan sangat berguna.

Meski ditujukan untuk komputer mini Intel, aplikasi ini juga dipakai di komputer lain berbasis Windows 7 atau 8.

Aplikasi Intel Remote Keyboard bisa diunduh di Play Store dari perangkat Android atau langsung dari tautan ini. Selanjutnya, pastikan memasang aplikasi pendamping di komputer yang akan dihubungkan ke remote ini.

Seperti dilansir KompasTekno dari The Next Web, Senin (22/6/2015), jika kedua perangkat itu menggunakan jaringan WiFi yang sama, Intel Remote Keyboard akan langsung mendeteksi dan terhubung ke PC tersebut.

The Next Web Intel Remote Keyboard dapat digunakan dalam posisi landscape atau portrait
Ketika Intel Remote Keyboard dinyalakan, layar ponsel akan terbagi menjadi dua area. Satu area berfungsi sebagai wadah keyboard virtual sedangkan area lainnya berfungsi sebagai mouse virtual. Pengguna bisa memakainya dalam mode landscape maupun portrait.

Anda cukup mengusapkan jari di bagian layar yang kosong untuk mengendalikan mouse, mengetuk sekali untuk klik kiri dan mengetukkan dua jari untuk klik kanan. Navigasi virtual ini juga dilengkapi dengan scroll bar, sehingga Anda cukup mengusap dari atas ke bawah untuk menggulirkan layar komputer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com