Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Music Bakal Masuk Indonesia, Rp 69.000 Per Bulan

Kompas.com - 23/06/2015, 12:24 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com — Di tengah ajang tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) awal bulan ini, Apple mengumumkan layanan musik buatannya akan hadir di 100 negara. Dari bocoran yang terselip dalam iOS 8.4 beta, diketahui bahwa kemungkinan besar layanan ini akan diluncurkan di Indonesia.

Adalah sebuah akun Twitter @jrryror milik Jerry Roring yang berkicau mengenai hal ini. Dia mengaku saat ini menggunakan iOS 8.4 beta dan menemukan keanehan pada Apple Music di dalam perangkat genggamnya.

Jerry Roring Bocoran Apple Music Indonesia
Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari DailySocial, Senin (22/6/2015), setelah masuk ke dalam aplikasi tersebut, dia justru menemukan opsi membership Apple Music yang menggunakan tarif rupiah.

Dalam gambar yang diunggah ke Twitter, terlihat bahwa biaya berlangganan individual dipatok Rp 69.000 per bulan, sedangkan family (maksimal enam orang) dibanderol Rp 109.000 per bulan.

Sebelumnya, dalam WWDC terungkap, Apple berencana meluncurkan layanan tersebut secara global pada 30 Juni 2015. Salah satu pembaruan yang diselipkan ke dalamnya adalah fitur untuk mengunduh playlist.

Dengan cara demikian, pengguna bisa menyimpan daftar lagu di dalam perangkat genggam masing-masing dan memutarnya kapan pun. Fitur seperti ini sangat berguna, terutama mempertimbangkan jaringan seluler yang kadang tak stabil untuk digunakan streaming.

Sementara itu, di Indonesia pun sudah ada layanan streaming musik sejenis, misalnya Guvera dan Rdio. Keduanya menawarkan layanan dengan harga yang lebih murah, antara Rp 20.000 hingga Rp 55.000 per bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com