Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan TI yang Jadi Korban Detik Kabisat 2012

Kompas.com - 29/06/2015, 10:26 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Pada 30 Juni 2015 nanti, sehari semalam tak lagi 24 jam, tapi menjadi 24 jam lebih 1 detik. Meskipun kelihatannya biasa saja, ternyata selisih waktu satu detik tersebut berdampak fatal pada berbagai sistem komputer.

Detik kabisat sebenarnya adalah fenomena alam yang disebabkan perhitungan terhadap rotasi Bumi. Kecepatan planet Bumi mengelilingi Matahari sebenarnya lebih dari 24 jam, namun waktunya hanya sepersekian detik saja.

Karena sistem perhitungan yang berlaku menggenapkan rotasi tersebut menjadi 24 jam, maka sisa sepersekian detik tersebut terakumulasi dan baru akan terasa setelah tahun-tahun berlalu.

Penambahan detik tersebut berakibat fatal untuk sistem komputer yang sangat sensitif, terutama yang beroperasi dalam perhitungan milidetik. Misalnya sistem komputer untuk navigasi global atau sistem pemesanan tiket.

Sebelumnya, pada 2012 silam juga sempat terjadi detik kabisat dan internet menjadi korban. Sejumlah situs serta layanan dengan sistem yang sensitif pada perhitungan waktu pun tumbang.

Seperti dirangkum KompasTekno dari The Register, Senin (29/6/2015), berikut ini beberapa perusahaan yang sempat jadi korban detik kabisat.

1. Qantas dan Virgin Australia

Dua perusahaan penerbangan tersebut memakai sistem operasi Altea buatan Amadeus untuk operasional pemesanan tiket. Pada masa detik kabisat tiga tahun lalu, sistem operasi ini terimbas karena bug yang muncul akibat detik kabisat tersebut.

Sistem Altea pun terpaksa offline selama satu jam. Akibatnya staff di kedua maskapai itu pun harus check in pelanggan secara manual, satu persatu. Penerbangan pun jadi banyak yang tertunda.

2. Reddit

Pada saat terjadinya detik kabisat 2012 lalu, situs forum dan diskusi Reddit langsung down. Penyebabnya adalah sistem operasi Linux yang menjalankan server database mereka macet karena tidak bisa mensinkronisasikan diri dengan detik kabisat.

3. Mozilla

Server yang dioperasikan oleh Mozilla tumbang. Penyebabnya masih bug yang sama, detik kabisat. Eric Ziegenhorn, seorang teknisi Mozilla mengatakan pada saat detik kabisat terjadi, server yang menggunakan bahasa pemrograman Java seperti Hadoop dan ElasticSearch sama sekali tidak berfungsi.

4. Gawker

Situs gosip Gawker pun mengalami masalah yang sama. Mereka down tepat pada saat terjadinya detik kabisat. Masalah tersebut berbentuk bug pada server Java-happy Tomcat yang dipakai untuk mengoperasikan situs.

Setelah me-reboot server-server yang mereka pakai, masalah detik kabisat itu pun hilang.

Selain layanan di atas, beberapa situs perusahaan teknologi yang down pada 2012 adalah StumbleUpon, Yelp, Foursquare, LinkedIn, dan Meetup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com