Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patuhi Google, BBM Android Tampil Lebih Segar

Kompas.com - 29/06/2015, 11:44 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com – Ada perubahan baru pada aplikasi BBM untuk Android. BlackBerry mengubah keseluruhan desain aplikasi tersebut dengan tampilan baru yang "nurut" pada acuan Material Design buatan Google.

Material Design adalah tampilan antarmuka yang digunakan Google pada Android 5.0 Lollipop. Bentuknya berupa antarmuka dengan warna cerah, bentuk ikon cenderung datar, dan respon yang diklaim lebih cepat.

“Kami mendesain ulang seluruh BBM for Android agar menggunakan prinsip Material Design. Artinya pengguna akan merasakan pengalaman yang lebih berwarna, memikat mata danmudah digunakan,” tulis Blackberry dalam blog resmi mereka, seperti dilansir KompasTekno, Senin (29/6/2015).

Dengan acuan Material Design, BBM for Android pun jadi tampil lebih segar. Sebelum pembaruan ini, bila Anda menekan menu “hamburger” yang ada di pojok kiri atas, menu yang muncul berbentuk daftar dengan latar hitam.

Pada menu versi Material Design ini, terlihat bahwa menu tampil lebih sederhana dan cerah. Bagian atas berlatar biru muda sebagai tempat profile picture, nama dan status terakhir Anda sedangkan bagian berlatar putih sebagai tempat opsi invites, channels, setting, report a problem dan help.

Tampilan foto profil pun berubah jadi bulat, meski hanya pada bagian tertentu saja seperti kolom BBM Chat dan kontak pada New Chats. Tab berisi Chats, Contacts dan Group yang sebelumnya terletak di bagian bawah pun sudah dipindahkan.

Sebelumnya, aplikasi pesan instan WhatsApp juga melakukan langkah serupa. Mereka mengubah desain aplikasinya agar menyesuaikan acuan Material Design dari Google.

Untuk mendapat tampilan baru BBM untuk Android, pengguna dapat memperbarui aplikasinya dari Play Store atau langsung dari tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com