Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Gunakan Robot Pengendus Android Lelet

Kompas.com - 30/06/2015, 09:56 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Google punya cara unik untuk menguji tingkat responsivitas layar di perangkat Android. Tidak menggunakan manusia, raksasa internet tersebut memanfaatkan robot untuk pengujian penurunan kinerja atau "lag" tersebut.

Di awal kemunculannya, seperti KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Senin (29/6/2015), banyak orang yang mengeluhkan terjadinya gejala lag di perangkat mereka.

Sekadar gambaran, yang dimaksud lag adalah ketika respon layar lebih lambat dari saat pengguna menyentuh layar.

Saat ini, waktu responsivitas layar tersebut tentunya sudah sangat membaik ketimbang dulu. Hal tersebut bisa terjadi berkat pengujian yang dilakukan robot buatan perusahaan asal Finlandia, OptoFidelity.

Menurut karyawan Google bernama Francois Beaufort dalam akun Google+ miliknya, robot yang dinamakan Chrome Touchbot ini mampu mengukur tingkat latency di perangkat Android dan ChromeOS.

Cara kerja robot ini cukup unik. Selama pengujian, ia terus menerus melakukan hal yang biasa dilakukan manusia di bagian layar, seperti menekan dan menggeser (swipe).

Kemudian, robot ini mampu menunjukkan bagian mana, baik itu hardware maupun coding, yang menjadi sumber masalah lag tersebut.

Saat ini, meski banyak produk berbasis Android yang dilengkapi spesifikasi tinggi, gejala lag masih kerap ditemui. Dengan terus dioperasikannya Chrome Toucbot, diharapkan masalah lag tersebut sudah bisa diatasi di masa yang akan datang.

Video pengujian menggunakan Touchbot bisa dilihat melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com