Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal 4 Game Populer di Asus Zenfone 2

Kompas.com - 03/07/2015, 15:37 WIB
Gunawan Kusuma

Penulis

KOMPAS.com - Zenfone 2 belum lama diluncurkan sebagai suksesor smartphone populer seri Zenfone dari Asus. Ponsel ini terdiri dari tiga varian. Versi teratas, ZE551ML, mendarat di meja redaksi Kompas Tekno dan telah diulas beberapa waktu lalu. (Baca: Review Asus Zenfone 2)

Ada satu hal yang belum dicoba maksimal, yakni kemampuannya dalam menjalankan game. Apakah Zenfone 2 mampu diajak balapan, adu jotos, dan tembak-tembakan dalam aneka judul permainan mobile populer? Ikuti pengalaman KompasTekno berikut ini.

Real Racing 3

Hadir dengan prosesor Intel Atom Z3580 yang memiliki kecepatan 2.3GHz dan GPU PowerVR G6430 serta RAM sebesar 4GB, spesifikasi Zenfone 2 sekilas terlihat “sangar”.

Layarnya yang berukuran 5,5 inci dengan resolusi full-HD (1920x1080) tentu menjanjikan pengalaman multimedia yang mumpuni, termasuk untuk nge-game. Hal ini dibuktkan ketika Kompas Tekno mencoba bermain game Real Racing 3.
 
Tampilan grafis game ini di Zenfone 2 boleh dikata hampir menyerupai konsol game modern, dengan elemen visual seperti cahaya matahari, refleksi pada bodi mobil dan bayangan mobil yang tampil dengan baik, begitupun dengan efek debu dan asap.

Namun, ketika dicermati masih terdapat kekurangan seperti tampilan bergerigi (jagginess) pada pinggiran obyek 3D seperti mobil-mobil yang berseliweran di game ini.

Gunawan/ Kompas.com Dalam Real Racing 3, efek visual yang dihasilkan zenfone nyaris

Aspek gameplay juga agak terganggu dengan adanya stuttering di beberapa kesempatan, yakni angka frame per detik (FPS) yang tiba-tiba anjok sehingga game terasa “tersendat”.

Stuttering terutama ditasakan saat melakukan aksi menyalip mobil lain atau ketika melaju bersamaan dengan beberapa mobil lainnya.

Hal lain yang juga bisa dijadikan catatan adalah suhu ponsel yang menghangat ketika sesi permainan sudah melewati lima race sehingga Zenfone 2 terasa hangat di bagian belakang. Tentu, yang satu ini masih termasuk wajar untuk ponsel sekelasnya.

Mortal Kombat X

Berikutnya, Kompas Tekno menjajal aksi baku hantam dalam Mortal Kombat X, game dengan engine Unreal yang sudah terkenal dan banyak dipakai di PC dan konsol game.

Zenfone 2 rupanya mampu menjalankan engine ini dengan lancar, me-render aneka tampilan apik obyek-obyek di sekeliling arean bertarung, termasuk efek partikel yang beterbangan seperti api, air, es, dan asap, tanpa menurunkan angka FPS.

Gunawan/ Kompas.com Mortal Kombat X berjalan lancar tanpa ada penurunan FPS.


Gunawan/ Kompas.com Suhu prosesor Zenfone 2 ketika menjalankan Mortal Kombat X, dipantau melalui CPU-Z

Di game ini terasa manfaat layar lega Zenfone 2 yang membuat betah memandangi layar dan tak lekas melelahkan mata.

Tapi panas kembali datang mengganggu. Suhu yang dihasilkan Zenfone 2 ketika menjalankan Mortal Kombat X terasa lebih tinggi dibandingkan ketika bermain Real Racing 3.

Suhu panas ini membuat Zenfone 2 tak nyaman digenggam sehingga sesekali perlu “didinginkan” dengan cara keluar dari game selama beberapa menit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com