Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2015, 09:59 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Ubergizmo
KOMPAS.com - Bersamaan dengan dirilisnya pembaruan iOS 8.4, Apple menghadirkan sebuah layanan yang sudah cukup lama dinantikan, yaitu Apple Music. Sayangnya, ada sedikit masalah yang dibawa oleh layanan itu.

Seperti dikutip KompasTekno dari Ubergizmo, Jumat (3/7/2015), mendengarkan musik secara streaming menggunakan aplikasi Apple Music dilaporkan membuat baterai iPhone lebih cepat habis ketimbang biasanya.

Penurunan baterai yang dirasakan oleh setiap pengguna tentunya berbeda-beda, tetapi tetap menunjukkan angka yang cukup drastis. Satu pengguna menyatakan baterainya berkurang hingga 22 persen hanya dalam waktu 30 menit saja.

Pengguna lainnya mengklaim mengalami penurunan dari 100 persen menjadi 38 persen hanya dalam waktu satu setengah jam saja.

Namun, tidak sedikit yang mengaku hanya mengalami penurunan antara 11 persen sampai 20 persen dalam satu jam penggunaan Apple Music.

Menurun drastisnya baterai karena Apple Music sendiri memang sangat logis. Hardware yang ada di iPhone bekerja lebih keras untuk memutar file musik secara streaming ketimbang musik yang sudah ditaruh di media penyimpanan perangkat.

Pasalnya, untuk mendengarkan musik secara streaming, komponen WiFi atau antena di iPhone membutuhkan tenaga untuk mengunduh musik yang ada. Daya yang dibutuhkan pun bakal semakin besar apabila pengguna memutuskan untuk mendengarkan musik menggunakan speaker perangkat.

Satu hal yang harus diingat, aplikasi streaming lain, seperti Spotify, Tidal, Rdio, dan lain-lain, yang menawarkan layanan serupa pastinya akan membuat baterai cepat habis. Hanya saja belum diketahui aplkasi mana yang paling banyak menguras baterai.

Sebaiknya, jika ingin memanfaatkan layanan streaming musik sambil tetap mempertahankan daya baterai, unduh saja terlebih dahulu musik yang ingin didengarkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Ubergizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com