Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2015, 16:28 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Layanan CDMA StarOne dari operator seluler Indosat telah berakhir sepenuhnya. Bersamaan dengan penghentian itu, Indosat mengklaim telah berhasil melakukan migrasi pelanggannya.

Penyelenggaraan layanan ini sendiri sebenarnya telah dihentikan secara bertahap sejak akhir tahun 2014 lalu dan baru selesai dikerjakan secara sepenuhnya pada 30 Juni lalu.

“Atas nama manajemen, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kesetiaan pelanggan menggunakan layanan StarOne selama ini. Semoga pelanggan StarOne tetap setia menggunakan layanan Indosat melalui mekanisme transisi dengan pengalihan layanan berbasis CDMA ke layanan berbasis GSM,” demikian disampaikan John M. Thompson, Director & Chief Technology Officer Indosat, seperti dikutip KompasTekno dari keterangan resminya.

Penghentian layanan StarOne ini dilakukan sehubungan dengan terbitnya Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No 30 Tahun 2014 tentang Penataan Frekuensi Radio 800 MHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler tanggal 10 September 2014 dan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika No 799 Tahun 2014 tentang Penetapan Penggunaan Pita Frekuensi Radio 800 MHz kepada PT Indosat Tbk tanggal 12 September 2014.

Kedua keputusan Menteri tersebut dimaksudkan agar alokasi frekuensi radio 800MHz, frekuensi yang digunakan oleh StarOne, dapat digunakan untuk keperluan yang lebih besar yaitu untuk layanan seluler.

Konsekuensi dari keputusan tersebut, Indosat mengklaim dapat lebih memberikan variasi layanan kepada masyarakat dengan berbagai inovasi layanan seluler (Matrix, Mentari dan IM3) dengan teknologi terkini karena adanya tambahan alokasi frekuensi radio.

Terkait dengan pengakhiran layanan Starone ini Indosat memberikan kompensasi kepada pelanggan dalam berbagai bentuk. Contohnya, pergantian ke kartu SIM GSM, Fasilitas Call Forwarding, dan saldo Indosat Dompetku yang besarnya tergantung rata-rata penggunaan layanan Starone dalam 3 bulan.

Dompetku tersebut dapat di tarik tunai di Galeri Indosat terdekat atau dibelanjakan di merchant-merchant yang bekerjasama dengan Indosat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com