Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arloji Pintar Casio Meluncur Tahun Depan

Kompas.com - 06/07/2015, 12:37 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Demam smartwatch rupanya turut melanda Casio.  Pabrikan arloji digital yang antara lain dikenal lewat lini jam tangguh G-Shock itu berencana merilis jam tangan pintar buatannya pada awal Maret tahun depan.

Laporan The Wall Street Journal yang dirangkum Kompas Tekno, Senin (6/7/2015), menyebutkan bahwa arloji pintar itu akan dibanderol relatif "terjangkau", pada kisaran 400 dollar AS atau sekitar Rp 5 juta.

Presiden Casio Kazuhiro Kashio mengatakan fungsi dan desain arloji pintar bikinan perusahaannya bakal menyasar kalangan penyuka olahraga luar ruangan.

"Kami berupaya membuat smartwatch yang tak gampang rusak, serta mudah dan enak dikenakan," ujar Kashio. "Kami berharap bisa memperoleh penjualan sekitar 10 miliar yen dari kategori smartwatch sesegera mungkin dan akan mengambangkan bisnis dari sana."

Casio mempunyai posisi yang kuat di industri jam tangan. Penjualan arloji Casio mencapai 153 miliar yen untuk tahun fiskal yang berakhir pada  Maret lalu serta menyumbang hampir setengah dari pendapatan perusahaan yang juga membuat keyboard, kalkulator, dan kamera ini.

Casio akan berhadapan dengan para pemain baaru seperti Apple Watch yang kini sudah menguasai 56 persen pasar smartwatch. Namun pasar arloji pintar sendiri diperkirakan akan terus tumbuh dari 3,6 juta unit yang dikapalkan pada 2014 menjadi 101 juta unit pada 2020.

Kashio sendiri telah menghabiskan waktu empat tahun memimpin tim pengembangan smartwatch Casio. "Saya pikir smartwatch akan menjadi sukses instan. Tapi kami ingin tumbuh dalam jangka panjang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com