Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zenfone 2 Ternyata Bisa Jalankan Windows 7

Kompas.com - 10/07/2015, 19:09 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber SlashGear
KOMPAS.com - Setelah ada yang berhasil menjalankan sistem oeprasi PSX dan Mac II dalam peranti Android Wear, kini salah seorang anggota forum XDA Developers berhasil memasang sistem operasi Windows 7 dalam perangkat Android Asus Zenfone 2.

Pengguna dengan akun "ycavan" tersebut berbaik hati membagi di forum XDA, cara agar Windows 7 bisa berjalan dalam smartphone Android.

Dikutip KompasTekno dari SlashGear, Jumat (10/7/2015), Windows 7 bisa dijalankan dalam Zenfone 2 berkat prosesor yang diusungnya, yaitu buatan Intel.

Dengan arsitektur x86/x64 yang dimiliki chip Intel, Windows 7 lebih mungkin dijalankan ketimbang dengan prosesor buatan ARM yang banyak dipakai oleh smartphone dan tablet di pasaran.

Dengan arsitektur x86/x64 Intel, sistem operasi non-Android bisa berjalan dengan lebih mudah dan lebih kencang dibanding saat dipasang di perangkat non-Intel, dalam kondisi yang sama.

Proses pemasangan Windows 7 dalam Asus Zenfone 2 juga disebut tidak terlalu susah. Perangkat sebagaimana mestinya, harus di-root terlebih dahulu. Kernel Linux tertentu juga perlu di-flash ke dalam perangkat.

Dalam beberapa kasus, pengguna juga harus mengetik dan menjalankan perintah-perintah tertentu.

Akun "ycavan" mengatakan bahwa Windows 7 bukanlah OS ringan yang bisa dijalankan dengan mudah, karena pada dasarnya ia berjalan dalam mesin virtual yang berjalan di Android.

Langkah yang sama juga dikatakan "ycavan" bisa diaplikasikan utnuk sistem operasi Microsoft lainnya, yaitu Windows 8 atau bahkan Windows 10. Namun jangan harap bisa berjalan dengan normal.

Berikut video cara pemasangan WIndows 7 dalam Zenfone 2:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SlashGear


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com