Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Kaget Situs "Lapor Presiden" Dibikin Cuma 2 Minggu

Kompas.com - 14/07/2015, 11:24 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Akhir minggu lalu, Presiden RI Joko Widodo mengundang masyarakat untuk menyampaikan aspirasi langsung kepadanya melalui portal LaporPresiden.org.

Sesuai namanya, situs yang oleh Jokowi disebut sebagai "karya anak bangsa" ini berperan menampung berbagai masukan dari masyarakat untuk disampaikan langsung ke sang presiden.

Situs yang digagas pendiri Kawal Pemilu, Ainun Najib, itu sebenarnya sudah beroperasi sejak Mei lalu. Hanya saja, pengumuman dari Jokowi membuat situs itu banyak menerima perhatian.

Mengerjakan LaporPresiden.org bersama 13 orang teman, Ainun yang berperan sebagai inisiator dan koordinator mengaku tak butuh waktu lama untuk membangun situs tersebut.

"Hanya sekitar dua minggu," kata Ainun dalam percakapan dengan Kompas Tekno, Senin (13/72015), sambil menambahkan bahwa waktu pengerjaan yang relatif singkat itu sedikit mengejutkan Presiden Jokowi.

Ide mendirikan LaporPresiden.org memang tercetus seusai Ainun bertemu dengan Jokowi di Singapura, Maret lalu. Gagasan itu ditindaklanjuti setelah Presiden menyambut baik usulan Ainun dalam pertemuan berikutnya di Jakarta.

"Kebetulan, respons Presiden Jokowi cukup positif. Beliau juga memberikan contact person untuk menangani laporan-laporan dari masyarakat yang hendak disampaikan kepadanya. Saya pun melanjutkan rencana itu," kata Ainun.

Ainun mengaku terinspirasi membantu menyediakan platform untuk penyampaian aspirasi langsung kepada Presiden karena melihat kurangnya sarana untuk melakukan hal tersebut pada bulan-bulan pertama pemerintahan, terutama sebelum dibentuknya Tim Komunikasi Presiden.

Kehadiran akun resmi Facebook dan Twitter resmi Presiden Jokowi pun kemudian didampingi oleh LaporPresiden.org. Penyediaan layanan ini dibantu oleh salah satu penyedia layanan cloud hosting lokal di Indonesia.

"Mereka kasih kami gratis karena ini untuk kepentingan bangsa," kata Ainun.

Untuk sekarang, LaporPresiden.org masih ditangani sendiri oleh Ainun dan kawan-kawan sambil menyambi di sela kesibukan masing-masing. Ke depan, dia berencana merekrut relawan yang bersedia menjadi moderator laporan yang disampaikan lewat situs tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com