Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Line Hadir dalam Versi Lebih Enteng

Kompas.com - 24/07/2015, 14:43 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Line News
KOMPAS.com - Pembuat aplikasi pesan instan Line merilis aplikasi baru bernama Line Lite. Mereka merancang aplikasi ini agar lebih merakyat, bisa tetap dipakai meski menggunakan ponsel Android berspesifikasi rendah.

"Line Lite dirancang supaya tetap bisa digunakan meski ada di wilayah yang infrastruktur komunikasinya belum berkembang dan masih menggunakan smartphone low end," tulis perusahaan pesan instan itu, seperti dilansir KompasTekno dari Line News, Jumat (24/7/2015).

"Aplikasi ini bisa saja menjalankan peran penting dalam mengembangkan kepuasan pengguna Line di seluruh dunia, sekaligus memperbesar basis pengguna," imbuhnya.

Line Lite berukuran kurang dari 1 MB, namun tetap memiliki fitur serupa aplikasi versi original-nya, seperti obrolan dalam grup, stiker, juga kemampuan berbagi foto.

Walaupun demikian, mereka meniadakan fitur panggilan suara dan panggilan video demi mencapainya. Versi enteng ini juga tidak memiliki linimasa yang selama ini menampilkan status-status penggunanya.

Line mengatakan berniat menambahkan sejumlah fitur baru seiring dengan perkembangannya. Sementara ini, Line Lite baru dapat diunduh di negara-negara tertentu. Ia pun baru tersedia di smartphone berbasis Android saja.

Total, ada sebelas negara yang sudah bisa mencobanya, antara lain India, Meksiko, Korea, dan Vietnam. Sayangnya, Indonesia belum kebagian. Line berjanji, aplikasi tersebut akan bisa diunduh di lebih banyak negara, menyesuaikan permintaan di negara masing-masing.

Sebelumnya, Facebook juga mengubah jejaring sosialnya dalam versi ringan, termasuk menyematkan Messenger ke dalamnya. Mereka membuatnya dengan tujuan memperlebar jangkauan Facebook, terutama untuk menjangkau pengguna perangkat berspesifikasi rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Line News

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com