Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Voice Kini Lebih Akurat Kenali Suara

Kompas.com - 27/07/2015, 10:21 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Google meningkatkan kualitas fitur pengenalan suara pada Google Voice. "Kami memperbaiki kekeliruan hasil transkrip suara pada layanan Voice hingga 49 persen," begitu tertulis pada blog resmi Google yang dihimpun KompasTekno, Jumat (24/7/2015).

Google mengakui, transkrip dengan layanan Voice sebelumnya sering tak sesuai. Apa yang pengguna katakan kerap tak sama dengan tulisan yang tertera pada layar perangkat.

Untuk itu, selama beberapa bulan terakhir, Google telah meminta beberapa pengguna untuk mengirim hasil transkrip mereka. Hal ini dilakukan untuk penelitian dan peningkatan kualitas sistem.

"Terima kasih untuk semua yang telah berpartisipasi. Kami senang mengumumkan bahwa sistem pada Google Voice kini lebih akurat saat melakukan transkrip," kata perwakilan Google.

Untuk mendapatkan peningkatan kualitas layanan Voice, pengguna tak perlu melakukan pembaruan apapun. Cukup buka aplikasi Voice, lalu secara otomatis pengguna akan merasakan tingkat akurasi transkrip Voice yang lebih mumpuni.

Bagi yang belum pernah menjajal aplikasi bawaan Google tersebut, Anda bisa mengunggahnya di toko aplikasi Google Play Store. Google Voice tersedia pula dalam versi yang lebih ringan, yakni Google Voice Lite.

Ke depan, Google mengatakan akan terus meningkatkan akurasi transkrip pada Voice. "Ini hanyalah awal. Kami akan melanjutkan peningkatan kualitas Voice secara bertahap," kata Google.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com