Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook dan Microsoft Rancang Teknologi Ramah Difabel

Kompas.com - 27/07/2015, 13:47 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Facebook, Microsoft, Dropbox, dan beberapa perusahaan teknologi kawakan lainnya bekerja sama untuk mewujudkan teknologi yang lebih mudah diakses penyandang difabel. Demi misi mulia tersebut, gabungan raksasa teknologi merangkul mitra di bidang edukasi, yakni Stanford University dan Carnegie Mellon University.

Mereka mendirikan sebuah kelompok kerja yang dinamai "Teaching Accessibility". Tujuannya untuk mengembangkan panduan dalam membangun teknologi yang dapat digunakan semua orang.

Kelompok tersebut akan meneliti interaksi manusia dan komputer, edukasi teknis, dan rancangan konsep yang lebih baik dan dapat melayani beragam populasi.

Dilansir KompasTekno, Sabtu (25/7/2015) dari VentureBeat, gerakan ini diinisiasi untuk memperingati 25 tahun aksi "Americans with Disabilities". Aksi tersebut dilegalisasi oleh mantan Presiden AS George H.W. Bush pada 26 Juli 1990.

Diketahui, sorotan ke industri teknologi yang kurang mempertimbangkan para difabel dalam merancang layanannya, belakangan santer terdengar. Awal tahun ini, layanan pemesanan transportasi berbasis aplikasi Uber menghadapi tuntutan hukum karena hal tersebut.

Uber dianggap tak mengimplementasikan konsep yang mengakomodir akses untuk para difabel. Akhirnya, Uber pun berbenah.

Perusahaan asal San Fransisco tersebut meluncurkan program khusus untuk membantu sopir yang memiliki masalah dengan indera pendengaran. Penumpang dengan keterbatasan fisik pun dilayani dengan program UberASSIST yang masih dalam tahap pengetesan. Di Indonesia, kedua pilot program tersebut belum berlaku.

Diharapkan, dengan "Teaching Accessibility" para industri teknologi bisa berembuk dan mengaplikasikan layanan yang lebih ramah bagi para difabel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com