Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Garap Launcher untuk Android

Kompas.com - 28/07/2015, 09:21 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft terus menginvasi Android. Setelah merilis Office, raksasa software tersebut tengah bersiap untuk meluncurkan aplikasi launcher untuk Android bernama Arrow.

Menurut pengalaman beberapa orang yang sudah mencobanya, seperti KompasTekno rangkum dari Microsoft News, Senin (27/7/2015), Arrow Launcher memiliki tiga layar utama. Nantinya, pengguna tidak bisa mengurangi atau menambah tiga layar tersebut.

Layar pertama diletakkan di bagian paling kiri dan dinamakan People. Layar ini bakal berisi daftar kontak, seperti informasi nomor telepon dan juga alamat e-mail.

Layar utama dari launcher ini terletak di bagian tengah dan dinamakan Apps. Layar itu dibagi lagi menjadi dua bagian, yakni Recent dan Frequent. Bagian Recent memperlihatkan aplikasi apa saja yang baru diinstalasi di perangkat. Sementara itu, Frequent menampilkan aplikasi apa saja yang paling sering digunakan.

Sedangkan, layar ketiga dinamakan Notes & Reminders. Seperti namanya, layar ini menampung note dan reminder apa saja yang dibuat oleh pengguna.

Sama seperti tampilan Android pada umumnya, Microsoft menaruh sebuah dock khusus untuk aplikasi. Di dock tersebut, pengguna bisa meletakkan shortcut ke aplikasi yang sering digunakan.

Di bagian dock itu juga terlihat ada gambar panah. Saat ditekan, akan terlihat kumpulan berbagai aplikasi lain dan juga tautan menuju Setting, Feedback, dan Wallpaper.

Aplikasi itu kini sudah masuk ke tahap private beta. Itu artinya, pengguna memerlukan undangan untuk mencoba aplikasi tersebut. Untungnya, sudah ada beberapa orang yang membuat file instalasi atau APK dari Arrow dan membagikannya.

Jika penasaran, Anda sudah bisa mendapatkannya melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com