Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Prosesor PC Awali Debut Intel "Skylake"

Kompas.com - 06/08/2015, 16:40 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Prosesor Intel Skylake, yang diumumkan pada di ajang Intel Developer Forum (IDF) pada 2014 lalu, akhirnya resmi meluncur. Perusahaan asal Negeri Paman Sam itu mengawalinya dengan dua unit prosesor khusus untuk overclocker.

Prosesor yang dimaksud adalah Core i7-6700K serta Core i5-6600K untuk komputer desktop. Masing-masing prosesor berlari pada clock 4 GHz dan 3,5 GHz, dengan empat inti pemrosesan.

Sedangkan soal harga, seperti yang dilansir KompasTekno dari The Verge, Kamis (6/8/2015), Core i7 dibanderol pada 350 dollar AS atau sekitar Rp 4,7 juta dan Core i5 dibanderol 243 dollar AS atau sekitar Rp 3,2 juta.

Prosesor baru ini disebut-sebut bakal jadi otak pemrosesan yang tangguh untuk komuter pelahap game. Keduanya sama-sama memiliki Thermal Design Power (TDP) 91 watt , yaitu ukuran panas maksimum yang dihasilkan setiap CPU saat menjalankan aplikasi.

Skylake menggunakan arsitektur 14nm dengan fokus untuk memaksimalkan tenaga yang dihasilkan. Jadi berbeda dengan Broadwell, generasi pendahulunya yang fokus pada efisiensi daya dan keiritan baterai.

Mereka juga berjanji bahwa seri K ini bukan satu-satunya prosesor yang dirancang khusus untuk overclocking. Akhir tahun ini, Intel berniat mengeluarkan prosesor serupa untuk laptop.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com