Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengganti Prosesor "Panas" Qualcomm Meluncur 11 Agustus?

Kompas.com - 07/08/2015, 12:44 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber GSM Arena
KOMPAS.com - Prosesor terbaru Qualcomm, Snapdragon 820 dikabarkan akan meluncur pekan depan. Model terbaru ini mereka buat sebagai penerus sekaligus solusi terhadap masalah overheat pendahulunya, yaitu Snapdragon 810.

Acara peluncuran tersebut, seperti dilansir KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (6/8/2015), perusahaan AS itu akan meluncurkannya dalam sebuah acara di Los Angeles, AS. Tepatnya pada 11 Agustus 2015.

Sejauh ini desas-desus yang beredar mengungkap bahwa Snapdragon 820 dibekali dengan Kryo cores, yaitu inti pemrosesan rancangan Qualcomm sendiri. Jika hal tersebut benar adanya, prosesor ini bisa diibaratkan sebuah upaya comeback yang serius.

Biasanya, Qualcomm hanya membuat desain sendiri saat menangani CPU high end atau dengan tujuan khusus. Contohnya adalah Snapdragon 805, salah satu lini high end yang diisi dengan CPU Krait hasil modifikasi mereka.

Snapdragon 810 berbeda. Prosesor ini adalah seri pertama yang keluar dari kebiasaan CPU custom mereka dan memakai arsitektur big.LITTLE dari ARM.

Alasan Qualcomm melakukan itu adalah rencana mereka untuk mulai mengadopsi arsitektur 64 bit ARMv8, yang berarti harus memakai desain CPU baru.

Sayangnya, Snapdragon 810 tersebut dihantui masalah overheat. Meski sudah berusaha memecahkannya, tampaknya kasus overheat tetap saja melekat padanya.

Dengan demikian, Snapdragon 820 diharap-harap supaya menjadi solusi bagi masalah tersebut dan diperkirakan akan mulai diadopsi dalam smartphone keluaran 2016 mendatang. Informasi yang beredar menyebut prosesor baru ini memiliki empat inti pemrosean, GPU Adreno 530, modem MDM9x55 LTE Cat.10 dan dibuat melalui proses FinFET 14 nm Samsung atau 16 nm TSMC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com