Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Kalahkan Apple di Sektor PC

Kompas.com - 10/08/2015, 16:38 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Lenovo menelikung Apple sebagai pemimpin pasar PC (desktop, notebook, tablet) global. Menurut analisa Canalys, salah satu faktornya disebabkan oleh penurunan angka penjualan iPad.

"iPad mewakili 70 persen dari total penjualan PC Apple pada kuartal kedua. Penjualan iPad terus menurun dari tahun ke tahun sejak penjualan puncaknya pada kuartal keempat 2013," kata perwakilan Canalys, sebagaimana dilaporkan TheInquirer dan dikutip KompasTekno, Senin (10/8/2015).

Menurut laporan, penjualan PC Lenovo di kuartal kedua 2015 mencapai 16 juta unit. Angka itu menyumbang 15 persen market share global.

Beda tipis, penjualan PC Apple berjumlah 15,9 juta unit. Angka tersebut meraup market share global 14,4 persen.

Secara keseluruhan, Canalys melihat adanya penurunan minat pasar pada perangkat PC. Sebab, penjualan gabungan semua vendor menurun 12 persen dari tahun sebelumnya.

Lenovo yang mendominasi pasar pun sebenarnya mengalami penurunan penjualan 5,6 persen dari kuartal kedua 2014. Terlebih bagi Apple, pabrikan Cupertino tersebut harus lapang dada menerima laporan angka penjualan yang merosot 11,1 persen.

Pabrikan kenamaan lainnya, HP dan Dell, juga mengalami gejolak pasar yang sama untuk kuartal kedua tahun ini. Walau begitu, Canalys memprediksi posisi Lenovo akan prima dalam menghadapi kelesuan penjualan saat ini.

"Dengan portofolio produk yang lebih beragam, Lenovo berada pada posisi yang lebih kuat dibandingkan Apple untuk memimpin pasar. Namun Lenovo harus mampu menghadapi berbagai tantangan untuk melangkah ke tahapan berikutnya," analis Canalys menjelaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com