Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Google, Alphabet Naungi Perusahaan dari A ke Z

Kompas.com - 11/08/2015, 15:29 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com — Google melakukan sebuah restrukturisasi perusahaan besar-besaran, memecah unit-unit bisnis dan dirinya sendiri, serta membuat sebuah induk baru bernama Alphabet.

Para pendiri raksasa mesin pencari itu, Larry Page dan Sergey Brinn, pindah posisi jadi pimpinan induk baru tersebut.

Page, dalam situs perusahaan, menjelaskan bahwa Alphabet merupakan gabungan dari berbagai perusahaan, yang paling besar adalah Google. Mengingat namanya adalah Alphabet, wajar saja kemudian ada dugaan induk usaha itu akan melahirkan anak-anak berawalan A hingga Z.

Dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (11/8/2015), saat ini setidaknya sudah ada sembilan perusahaan yang cocok dengan spekulasi itu. Mereka adalah unit-unit bisnis Google yang kemudian berdiri sendiri di bawah naungan Alphabet, seperti daftar berikut ini:

A - untuk Alphabet, perusahaan induk yang menaungi unit-unit lainnya.

C - Calico, unit usaha di bidang kesehatan yang fokus untuk mencari cara mendapatkan umur panjang.

C - Capital, unit usaha di bidang investasi.

F - Fiber, penyedia layanan internet cepat menggunakan kabel fiber.

G - Google, perusahaan terbesar pimpinan Sundar Pichai dengan fokus pada mesin pencari, iklan, peta, aplikasi, YouTube, dan Android.

L - Life Sciences, unit pembuat lensa kontak yang dapat megukur kadar glukosa seseorang.

N - Nest, unit yang menangani teknologi smart home.

V - Ventures, unit yang menangani masalah investasi.

X - X Lab, laboratorium tempat mereka menghasilkan teknologi eksperimental seperti Wing, drone pengiriman barang.

Dengan demikian, ada dua perusahaan yang mengisi alfabet C. Sementara itu, masih ada 17 huruf lain, seperti B, D, E, I, hingga Z, yang belum terisi dan tidak diketahui akan diisi apa oleh Alphabet.

Khusus untuk huruf B, ada kemungkinan Alphabet bakal mengisinya dengan perusahaan Boston Dynamic. Perusahaan pembuat robot ini dibeli Google pada 2013 silam dan belum jelas apakah akan tetap berada di bawah Google atau tidak.

Sebagai informasi, Page yang kini menjabat Chief Executive Officer (CEO) Alphabet mengatakan alasan restrukturisasi tersebut supaya masing-masing perusahaan dapat fokus mencari peluang baru. Sergey Brinn, rekannya mendirikan Google, menjabat sebagai President Alphabet.

Sundar Pichai naik jabatan menjadi CEO Google. Pria kelahiran Tamil Nadu, India, itu telah berkarier di Google sejak 2004 dan menempati berbagai posisi penting, salah satunya sebagai Product Chief.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com