Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Ada Alphabet, Pembuat Game Ini Lepas dari Google

Kompas.com - 13/08/2015, 13:58 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Alphabet, perusahaan baru yang memayungi Google, nampaknya tidak akan meng-indeks huruf N untuk perusahaan Niantic Labs.

Pasalnya, perusahaan yang membuat game augmented reality Ingress tersebut akan menjadi perusahaan terpisah.

Konfirmasi tersebut ditulis oleh Niantic Labs di halaman Google+ resminya, seperti dikutip KompasTekno, Kamis (13/8/2015).

"Niantic Labs akan menjadi perusahaan independen, kami akan melakukan eksplorasi ke audiens yang lebih luas dengan rekanan baru yang bakal menjadi kolaborator dan pendukung bersama Google," tulis Niantic Labs.

Dengan demikian, Niantic Labs tidak sepenuhnya lepas dari Alphabet, karena masih didukung oleh anak perusahaannya, yaitu Google. Namun agaknya posisi Google di sini akan bersanding dengan "rekanan baru" yang belum diumumkan.

Juru bicara Google sendiri mengatakan kepada situs Tech Crunch, Rabu (12/8/2014) bahwa Niantic Labs telah siap untuk berakselerasi dengan menjadi perusahaan yang terpisah.

"Hal itu akan membuat mereka bekerja lebih erat dengan investor dan rekanan dalam ranah hiburan," demikian ujar juru bicara Google.

Niantic Labs adalah startup internal Google yang dibentuk pada 2010 lalu oleh John Hanke. Startup tersebut berhasil membuat game berbasis AR dengan judul Ingress yang telah diunduh lebih dari 12 juta kali.

Selain itu, Niantic Labs juga membuat aplikasi Field Trip, aplikasi bagi pelancong utnuk menemukan tempat-tempat menarik di sekitarnya.

Namun kedua proyek tersebut nampaknya tidak sesuai dengan perubahan dalam tubuh Google, karena itu Niantic Labs diberi kesempatan utnuk berkembang sebagai perusahaan sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com