Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru 4 Bulan, Pengguna Aktif Periscope 2 Juta

Kompas.com - 13/08/2015, 16:17 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Medium

KOMPAS.com - Setiap hari, ada 2 juta orang menonton video live streaming di Periscope. Hal ini ditunjukkan anak usaha Twitter tersebut melalui grafik pada blog resminya di Medium.

Grafik menunjukkan pertumbuhan pengguna yang terus menanjak sejak Periscope aktif beroperasi 4 bulan lalu. Tepatnya pada 26 Maret 2015. 

Medium Grafik pertumbuhan pengguna aktif Periscope

Pencapaian 2 juta pengguna aktif tentu terhitung masif untuk layanan yang masih "hijau" di tengah gesitnya persaingan antar media sosial. Apalagi, kalau semata-mata dilihat dari pendaftar akun, sebenarnya sudah 10 juta orang yang bergabung ke Periscope

"Hingga 2 Agustus, 10 juta akun terdaftar di Periscope. Terima kasih telah menggunakan platform yang kami buat dengan usaha keras. Ini sangat berarti bagi kami," begitu tertulis pada blog Perisocpe, sebagaimana dikutip KompasTekno, Kamis (13/8/2015)

Pertumbuhan pengguna berbanding lurus dengan peningkatan total durasi waktu tayangan live streaming. Berdasarkan grafik, Periscope mengakomodir tontonan berdurasi 40 tahun per hari.

Medium Peningkatan durasi total per hari untuk layanan live streaming Periscope

Peningkatan pengguna aktif dan durasi live streaming paling masif terjadi pada bulan Mei. Sebab, Periscope sudah bisa dijajal pengguna Android pada bulan tersebut.

Jumlah pengguna aktif kala itu meningkat hampir dua kali lipat. Yakni dari 400.000-an pengguna ke 700.000-an pengguna.

Fakta ini tampaknya menjadi pukulan bagi Meerkat yang notabene merupakan kompetitor Periscope. Meerkat lebih dulu memperkenalkan layanan video live streaming, namun tak berhasil memasarkan produknya segencar Periscope.

Di Indonesia, beberapa artis kawakan diketahui aktif berbagi video langsung melalui Periscope. Di antaranya penyanyi Raisa (@Raisa6690), Agnes Monica (@agnezmo), pemain film Dian Sastrowardoyo (@therealdisastr), presenter Raffi Ahmad (@RaffiAhmadLagi) dan model Luna Maya (@LunaMaya26).

Tampaknya, tren media sosial mulai mengarah ke tayangan live-streaming. Awal Agustus ini, Facebook pun turut meluncurkan tandingan Periscope bertajuk "Live". Hal ini tak lepas dari pengembangan teknologi perangkat komunikasi dan jaringan internet yang semakin mumpuni. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Medium
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com