Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Juga Hadirkan Keyboard Tambahan

Kompas.com - 14/08/2015, 13:24 WIB
Oik Yusuf

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Sesuai bocoran yang beredar sebelumnya, Samsung ternyata memang ikut meluncurkan aksesoris berupa papan ketik "QWERTY" untuk duet phablet terbaru Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge.

Keyboard fisik ini memungkinkan pengguna kedua perangkat untuk memperoleh pengalaman mengetik yang berbeda dibandingkan keyboard virtual pada umumnya ponsel touchscreen.

Ketika KompasTekno menjajalnya pada sesi briefing sebelum peluncuran Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus, Rabu (12/8/2015), aksesoris keyboard ini tampak terdiri dari dua bagian, yakni bagian belakang serupa casing yang berfungsi sebagai dudukan tempat memasang keyboard dan unit papan ketik yang menutupi setengah layar.

"Antarmuka di layar secara otomatis akan menyesuaikan ukuran begitu keyboard terpasang. Jadi, bagian yang tertutup tidak dipakai untuk keperluan apapun oleh pengguna," terang Direktur Pemasaran Produk Samsung AS, Drew Blackard.

Aksesoris keyboard ini juga tidak tersambung ke gadget melalui kabel atau koneksi wireless (Bluetooth). Blackard menerangkan bahwa sambungan tidak diperlukan karena baik Galaxy Note 5 maupun S6 Edge Plus memiliki kemampuan untuk mendeteksi aksesoris casing yang terpasang, lalu secara otomatis menjalankan fungsi yang sesuai.

Dalam hal ini, aksesoris casing QWERTY memberikan input ke gadget lewat mekanisme capacitive touch. Sama dengan ketika pengguna memakai keyboard virtual, hanya saja deretan tombol di layar dilapis dengan tombol fisik.

"Dengan demikian, aksesoris keyboard ini tidak memboroskan baterai perangkat," tambah Blackard. Sejauh ini belum ada informasi jadwal ketersediaan atau harga untuk casing papan ketik Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com