Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Masa Depan, Jangan Sebut Smartfren "Operator CDMA"

Kompas.com - 14/08/2015, 16:10 WIB
Reza Wahyudi

Penulis

SHENZHEN, KOMPAS.com - Smartfren Telecom tak lama lagi akan menanggalkan sebutan operator CDMA. Perusahaan telekomunikasi ini nantinya ingin dipanggil sebagai operator 4G LTE.

Penanggalan embel-embel CDMA itu seiring dengan penerapan teknologi internet generasi keempat 4G LTE di jaringan Smartfren.

"Ke depannya tidak ada lagi yang namanya operator GSM atau CDMA. Semuanya ya operator 4G," kata Munir Syahda Prabowo, Head of Network Special Project Smartfren Telecom kepada KompasTekno di Shenzhen, China, Kamis (13/8/2015).

Teknologi 4G yang merupakan layanan berbasis data membuat para operator GSM dan CDMA mau tak mau menjadi "seragam". Yang masih jadi pembeda adalah layanan berbasis suara (voice) dan pesan pendek SMS.

Layanan suara Smartfren masih tetap mengandalkan jaringan CDMA-nya. Namun, menurut Munir, itu hanya untuk sementara saja.

Ke depannya, Smartfren akan mengandalkan teknologi Voice over LTE (VoLTE)  sebagai pengganti layanan suara dari CDMA.

Saat itulah, Smartfren benar-benar bisa disebut sebagai operator 4G, bukan CDMA lagi.

Namun, Munir menegaskan hal tersebut baru akan terwujud paling cepat dua tahun lagi. Saat ini, prioritas Smartfren adalah implement  dan sosialisasi layanan data berbasis 4G.

Smartfren sebagai penyedia layanan CDMA akan menggunakan teknologi 4G pada frekuensi 850 MHz dan 2.300 Mhz.

Frekuensi 850 MHz dengan lebar pita sebanyak 10 MHz akan dibagi dua untuk voice/SMS dan layanan data. Sedangkan pada 2.300 MHz dengan lebar pita 30 MHz dimanfaatkan Smartfren sepenuhnya untuk 4G LTE.

Meski akan beralih sepenuhnya ke 4G, Smartfren tidak akan begitu saja meninggalkan pelanggan CDMA setianya.

"CDMA Smartfren akan tetap ada selama masih ada yang menggunakan. Tapi pelan-pelan akan diarahkan ke layanan suara berbasis data, " kata Munir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com