Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Galaxy Note 5 Masuk Indonesia?

Kompas.com - 18/08/2015, 14:57 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Samsung telah resmi memperkenalkan duo phablet Samsung Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge dalam sebuah acara di New York, AS, minggu lalu. Kedua perangkat dijadwalkan mulai memasuki pasaran AS dan Kanada pada 21 Agustus mendatang.

Kapan mereka akan hadir di Indonesia? Direktur Pemasaran Samsung Indonesia Vebbyna Kaunang memastikan bahwa konsumen Tanah Air bakal turut kebagian Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus. Hanya saja, dia mengaku belum tahu tanggal pasti kedatangan kedua phablet.

"Yang jelas bisa saya sampaikan bahwa keduanya akan hadir tahun ini. Belum ada jadwal rilis global selain untuk wilayah AS dan Kanada" kata Vebby dalam percakapan dengan KompasTekno dan sejumlah rekan jurnalis lain dari Indonesia di New York, Jumat (14/8/2015).

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, gadget mobile Samsung tak butuh waktu lama untuk memasuki pasaran Indonesia semenjak pertama kali diperkenalkan. Phablet andalan terdahulu, Galaxy Note 4, misalnya, hadir di Tanah Air hanya berselang sebulan dari debut perdananya di Berlin pada September 2014.

Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus sendiri merupakan dua phablet yang mengusung spesifikasi identik, mencakup prosesor 64-bit octa-core Exynos 7420, RAM 4GB, kapasitas media interal 32GB atau 64GB, baterai 3.000 mAh, ukuran layar 5,7 inci (2560x1440), serta kamera 16 megapixel dengan OIS dan 5 megapixel di bagian depan.

Bedanya terletak ketersediaan stylus S Pen pada Galaxy Note 5, juga bentuk layar di mana display Galaxy S6 Egde Plus memiliki pinggiran kiri dan kanan yang melengkung untuk menampilkan sejumlah informasi atau shortcut, seperti pada smartphone Galaxy S6 Edge.

Vebbyna mengatakan Galaxy S6 Edge Plus dan Galaxy Note 5 yang dipasarkan di Indonesia akan dibuat di Indonesia pula, sesuai dengan persyaratan pemerintah soal tingkat kandungan dalam negeri (TKDN). Tapi ia tak menyebutkan berapa besar persentase TKDN yang sudah dipenuhi oleh produk-produk Samsung."

"Yang jelas, dua-duanya dibuat di Indonesia, sama dengan ponsel-ponsel 4G lain dari Samsung yang juga sudah dibuat di dalam negeri," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com