Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartfren Resmi Komersialkan Layanan 4G LTE

Kompas.com - 19/08/2015, 13:15 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Vendor telekomunikasi Smartfren akhirnya resmi meluncurkan jaringan internet berteknologi 4G LTE secara komersil di Indonesia. Menggunakan teknologi 4G LTE Advanced, layanan internet baru ini diklaim Smartfren punya kinerja lebih cepat.

Layanan internet sudah dapat digunakan mulai hari ini, Rabu (19/8/2015), di kota-kota yang terjangkau sinyal Smartfren, termasuk Jakarta.

"Hari ini kami resmi meluncurkan internet 4G Smartfren," ujar Chairman Smartfren Telecom, Franky Oesman Widjaja di acara Grand Launching 4G LTE Smartfren di Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Untuk bisa merasakan internet 4G Smartfren, pengguna bisa menggunakan salah satu dari lima ponsel Android 4G, Andromax R, Q, Qi, Es, dan Ec. Selain ponsel, Smartfren juga menyediakan dua modem MiFi, Andromax M2P dan Andromax M2Y.

Smartfren menerapkan 4G LTE tersebut memakai teknologi Time Division Duplex (TDD) di frekuensi 2.300 Mhz dan Frequency Division Duplex (FDD) di frekuensi 850 MHz.

Untuk layanan suara, Smartfren masih mengandalkan jaringan CDMA. Pasalnya teknologi 4G LTE yang ada saat ini masih belum bisa dipakai untuk memberikan layanan suara.

Anak usaha Sinar Mas ini mengaku tidak akan mematikan CDMA kendati sudah menyalakan jarigan 4G. Hingga saat ini tercatat ada 12 juta pelanggan mereka, artinya 12 juta orang menggunakan jaringan CDMA tersebut. Selama masih banyak pelanggan yang menggunakan, layanan tersebut tidak akan dimatikan.

Dalam kesempatan berbeda, Chief Brand Marketing Smartfren Roberto Saputra pernah mengatakan bahwa teknlogi Voice over LTE (VoLTE) saat ini masih dikembangkan dan belum sempurna.

Perangkat yang mendukung teknologi itu pun masih sedikit, sedangkan layanan suara melalui jaringan berteknologi 4G LTE hanya bisa dilakukan melalui VoLTE.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com