Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Rilis WiFi Router dengan 13 Antena

Kompas.com - 20/08/2015, 14:02 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Geek.com
KOMPAS.com - Google memperkenalkan perangkat WiFi router bernama OnHub. Perangkat jaringan untuk pengguna rumahan ini hasil kerja sama Google dengan produsen TP-Link.

OnHub memiliki desain fisik melingkar yang dilengkapi oleh 13 antena sekaligus. Detailnya, perangkat ini terdiri dari 6 antena frekuensi 5 GHz, 6 antena frekuensi 2,4 GHz, dan sebuah antena yang disebut "congestion-sensing".

Antena terakhir itu digunakan untuk menjaga smartphone atau tablet pengguna bisa tetap mendapatkan sinyal dan kecepatan terbaik dari router.

Menariknya, ini bukanlah perangkat WiFi router biasa. Ia diklaim sebagai perangkat "anti-ribet". Dikatakan, perangkat ini sangat mudah untuk diatur. Bahkan, kalangan awam sekalipun dikatakan dapat dengan mudah mengoperasikannya.

Nantinya, pengguna bisa mengatur WiFi router ini melalui sebuah aplikasi bernama "Google On". Aplikasi yang tersedia di iOS dan Android ini dapat membantu pengguna dengan mudah melewati proses pengaturan OnHub.

Saat terhubung ke perangkat lain, nantinya OnHub akan mengeluarkan suara melalui speaker built-in dalam perangkat. Setelah ini, pengguna bisa langsung mengatur perangkat dengan mudah melalui Google On.

Selain itu, melalui aplikasi tersebut, pengguna juga bisa mengatur perangkat mana saja yang bisa mengakses jaringan WiFi router. Uniknya, nantinya pengguna bisa mengatur perangkat mana yang bakal mendapat prioritas bandwidth internet tercepat dalam jaringan.

Aplikasi tersebut juga akan memberikan informasi mengenai performa jaringan dan juga beberapa tips untuk mempercepat kecepatan internet.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Geek, Kamis (20/8/2015), perangkat ini juga ditenagai dengan prosesor 1,4 GHz dual-core. Ia dikatakan mampu mengantarkan internet dengan kecepatan hingga 1.900 megabit per detik.

Kelengkapan lainnya adalah port ethernet dan satu port USB 3.0 (yang bisa digunakan untuk sistem berbagi file sederhana).

OnHub sendiri bakal dibanderol 199 dollar AS atau sekitar Rp 2,7 juta dan sudah bisa dipesan melalui Google Play Store di AS.

Selain dengan TP-Link, Google juga akan bekerja sama dengan Asus untuk merilis WiFi router lainnya. Sayangnya, informasi mengenai produk itu masih belum dibeberkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Geek.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com