Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MIUI 7 Bisa Diunduh 24 Agustus, Apa Fitur Barunya?

Kompas.com - 21/08/2015, 10:29 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Xiaomi resmi merilis versi global dari antarmuka MIUI 7 dalam sebuah acara di India, Rabu (19/8/2015). Sistem operasi berbasis Android 5.1 tersebut akan tersedia dalam versi beta mulai 24 Agustus dan dapat diunduh melalui situs MIUI global.

MIUI 7 versi beta tersebut pertama kali akan tersedia untuk beberapa perangkat Xiaomi, yaitu Redmi 2, Redmi 1S, Mi4i, Mi4, Mi3, Redmi Note 3G, dan Redmi Note 4G.

Di versi terbarunya, sistem ini bakal hadir dengan berbagai fitur baru. Sebagaimana KompasTekno rangkum dari keterangan pers yang diterima, perangkat yang menggunakan MIUI 7 dapat merasakan performa 30 persen lebih cepat saat membuka aplikasi sistem dan menghemat hingga 10 persen dalam penggunaan baterai.

"Kami yakin dengan berbagai macam fitur terbaru yang kami hadirkan, para pengguna dapat merasakan langsung perbedaannya saat pertama kali menghidupkan perangkatnya dengan MIUI 7," tulis Hugo Barra, Vice President Xiaomi Global.

Selain itu, MIUI 7 bakal dilengkapi dengan berbagai pilihan tema. Dalam antarmuka versi ini, ada empat tema warna yang bisa dipilih pengguna, seperti warna merah muda (rose), merah muda pastel (pink blush), biru (ocean breeze), dan coklat keemasan (high life).

"Dengan pilihan sistem antar muka yang lebih banyak, profil video untuk panggilan yang dapat dikostumisasi dengan Showtime, dan berbagai macam pilihan personalisasi lainnya, MIUI 7 pantas disebut "Yours by Design", ujar Barra.

Ada juga sebuah fitur baru yang dinamakan Showtime. Tidak hanya menampilkan nama, nomor telepon, ataupun foto profil statis, Showtime memungkinkan para pengguna MIUI untuk menyelipkan sebuah vieo singkat saat kontak yang bersangkutan menghubungi.

Antarmuka berbasis Android 5.1 ini juga menghadirkan sebuah fitur bernama XXL Text. Menggunakan fitur ini, pengguna dapat menampilkan tulisan atau font dalam ukuran yang lebih besar dari biasanya, tetapi dijamin tetap optimal dalam layar.

Perubahan menarik lainnya adalah fitur face detection. Namun ini bukan fitur untuk membuka dan mengunci smartphone, melainkan deteksi wajah yang dikombinasikan dengan galeri foto.

Hasilnya, galeri foto bisa mengenali wajah yang ada di dalam gambar lalu menyortirnya ke dalam satu folder khusus di dalam ponsel. Pengguna jadi bisa memasang tag nama pada foto wajah seseorang dengan mudah.

MIUI 7 sendiri sebenarnya sudah diperkenalkan dalam sebuah acara di China pekan lalu, bersamaan dengan peluncuran smartphone Redmi Note 2. Akan tetapi, MIUI 7 itu baru sekadar versi China.

Hingga hari ini, MIUI telah digunakan oleh 150 juta orang di 156 negara dan wilayah. Menggabungkan saran-saran dari para penggemarnya selama lima tahun ini, sejauh ini Xiaomi telah melakukan 250 update mingguan dan masih akan terus berlanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com