Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mirip Foursquare, Line Here Tak Cuma Buat Pamer Lokasi

Kompas.com - 21/08/2015, 15:38 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Line merilis aplikasi mobile terbarunya yang dinamakan Here. Menggunakan aplikasi itu, pengguna bisa berbagi lokasi dengan teman yang ada di daftar kontak secara real-time, mirip Foursquare yang kini bernama Swarm atau aplikasi check-in lainnya.

Meskipun begitu, aplikasi Here memiliki fungsi yang sedikit berbeda dari kebanyakan aplikasi berbagi lokasi lain. Fungsi Here lebih berfungsi sebagai alat bantu pengguna untuk memantau pergerakan atau lokasi teman berada.

Sementara itu, aplikasi berbagi lain, lebih ke arah sosial media, yakni ajang pamer lokasi kepada pengguna lain.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Next Web, Jumat (21/8/2015), Line Here membantu penggunanya untuk menemukan keberadaan keluarga dan teman atau saat kontak tiba di lokasi tertentu, tanpa harus bertanya melalui pesan singkat atau panggilan telepon.

Di aplikasi tersebut, pengguna bisa membuat sebuah sharing room untuk melihat semua lokasi anggota dalam grup tersebut. Dalam satu grup, pengguna bisa memasukkan 200 orang anggota.

Contoh penggunaannya seperti ini, jika Anda sedang membuat janji temu dengan beberapa orang, masukkan saja orang-orang tersebut dalam satu sharing room yang sama. Kemudian, pergerakan teman-teman akan terlihat dalam bentuk peta. Anda sudah tidak perlu menghubungi di mana lokasi teman berada, cukup lihat melalui peta yang ada di Line Here.

Line Pengguna bisa berbagi lokasi hingga 200 pengguna dalam satu sharing room

Pengguna pun bisa mengatur durasi berbagi lokasi. Fitur timer ini mengizinkan pengguna untuk berbagi lokasi bersama pengguna lain selama kurun waktu yang telah ditetapkan. Apabila waktu itu telah selesai, secara otomatis Line Here pengguna akan berhenti berbagi lokasi.

Satu fitur unik lainnya adalah alarm atau notifikasi. Pengguna bisa mengatur agar sistem memberikan notifikasi ketika satu teman atau keluarga yang didaftarkan tiba di lokasi tertentu. Contoh penggunaannya, orangtua bisa mengatur agar sistem berbunyi ketika anaknya sudah tiba di sekolah atau rumah.

Line Here sendiri dapat digunakan secara gratis. Untuk menggunakan aplikasi tersebut, pengguna bisa memakai akun Line atau Facebook. Aplikasi ini sudah tersedia di Indonesia untuk platform Android dan iOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com