Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Force Touch dan Pensil Stylus Hadir di iPad Pro?

Kompas.com - 22/08/2015, 08:56 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Analis Ming-Chi Kuo dari KGI Securities mengatakan, iPad Pro 12,9 inci akan membenamkan fitur Force Touch. Tablet yang telah lama ditunggu-tunggu ini juga bakal dilengkapi pensil stylus sebagai opsi untuk pengguna.  

Kuo memprediksi iPad Pro bakal diluncurkan pada September dan Oktober. Diharapkan, teknologi Force Touch dan pensil stylus akan mempermudah pengguna menavigasikan layar besar iPad terbaru.

Namun, Kuo juga membeberkan kemungkinan terburuk jika Apple membenamkan modul Force Touch dan pensil stylus yang sama dengan iPhone pada iPad.

"Kami percaya kualitas Force Touch pada iPad akan buruk jika struktur dan modul yang digunakan Apple sama dengan yang dibenamkan pada iPhone. Sebab, layar iPad yang lebih besar butuh struktur yang berbeda," kata Kuo sebagaimana dilaporkan 9to5Mac dan dikutip KompasTekno, Jumat (21/8/2015).

Selain meramalkan fitur iPad Pro, analis kredibel ini turut mengestimasi angka penjualan tablet teranyar. Menurutnya, Apple akan menjual 5,5 juta unit iPad 12,9 inci tahun ini. Sedangkan, "Aksesori opsional pensil stylus akan terjual di bawah 1 juta unit," kata Kuo.

Diketahui, Force Touch pertama kali dibenamkan pada Apple Watch kemudian menyusul pada lini MacBook terbaru. Jika benar akan difungsikan pula pada iPad Pro, tampaknya fitur tersebut bakal menetap pada produk-produk Apple lainnya di masa depan.

Dengan Force Touch dan pensil stylus, beberapa aplikasi dasar bisa dimaksimalkan pada iPad Pro teranyar. Antara lain Evernote, Paper dan aplikasi Notes teranyar Apple yang tersedia di iOS 9.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com