Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelang Pintar Intel Gantikan Password di Windows 10

Kompas.com - 24/08/2015, 09:07 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Dari beberapa peranti wearable gadget yang diumumkan Intel di ajang Intel Developer Forum 2015, terdapat gelang pintar yang menurut Intel bisa menggantikan password komputer.

Gelang tersebut disebut oleh CEO Intel Brian Krzanich dalam pidato utamanya di ajang IDF 2015 San Francisco, Selasa (18/8/2015), bisa dipakai untuk mengakses komputer (log in) dengan sistem operasi Windows 10.

Komputer akan langsung menyala dari mode sleep/standby begitu merasakan kehadiran gelang pintar tersebut dalam jarak tertentu.

Bagaimana jika gelang tersebut dipakai oleh orang lain? Ternyata jika gelang tadi dilepas dan dipakai lagi, maka masih ada proses autentikasi yang harus dilakukan dengan password yang harus diketik.

"Ini dimungkinkan dengan teknologi Bluetooth dengan daya rendah, ID IQ Intel dan TrueKey," ujar Krzanich di hadapan para developer yang hadir di Moscone Center.

Gelang pintar tersebut dikenalkan Intel sebagai bagian dari upaya perusahaan memberikan pengalaman yang lebih personal kepada penggunanya.

Selain gelang pintar, Intel juga telah mengumumkan kerja sama dengan produsen jam tangan fashion Fossil untuk membuat smartwatch.

Gelang pintar ini bukan yang pertama dibuat oleh Intel. Tahun lalu, Intel bekerja sama dengan produsen aksesori MICA membuat perangkat gelang pintar mewah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com