Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lensa Kontak Pintar Google Segera Terealisasi

Kompas.com - 25/08/2015, 10:01 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber TechRadar
KOMPAS.com - Sejak akhir 2014, Google mulai mengembangkan produk kontak lensa pintar. Alat bantu penglihatan tersebut mampu sekaligus mengukur level gula darah dalam tubuh.

Proyek ini merupakan salah satu fokus proyek masa depan Google dalam bidang kesehatan. Untuk mengembangkan kategori produk pintar teranyar ini, Google menggandeng tim peneliti kesehatan Life Science.

Dilansir KompasTekno, Senin (24/8/2015) dari Techradar, kontak lensa pintar akan mengirimkan informasi tingkat gula darah ke perangkat elektronik pengguna. Bisa berupa smartphone maupun tablet.

Tak hanya itu, kontak lensa pintar ini juga bisa memonitor kesehatan jantung. Cukup menyematkan lensa tersebut pada mata pengguna dan menghubungkannya ke smartphone, maka pengguna bisa tiap saat mengetahui informasi kesehatan tubuh.

Sejauh ini, pengembangan kontak lensa pintar sudah hampir rampung. Disinyalir, berkat  Sergey Brin dan Larry Page fokus ke perusahaan induk Google, Alphabet, realisasi produk pintar teranyar ini lebih cepat.

"Produk masih akan ditindaklanjuti untuk tes klinik. Semoga produk ini bisa mengubah cara manusia mendeteksi, mencegah dan menanggulangi penyakit," kata Brin.

Diketahui, kontak lensa pintar digodok di Google X Lab. Sejak awal Agustus, Google X Lab langsung dibawahi Alphabet, beriringan dengan perusahaan mesin pencari Google.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechRadar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com