Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Tahun Lalu, Inilah Kehebohan Peluncuran Windows 95

Kompas.com - 25/08/2015, 20:44 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Microsoft baru saja meluncurkan sistem operasi terbarunya, Windows 10 dengan antarmuka dan fitur canggih baru, seperti asisten pribadi Cortana.

Kecanggihan yang ditemui dalam Windows 10 adalah hasil evolusi sistem operasi Microsoft sebelum-sebelumnya, termasuk Windows 95 yang pada hari ini, Selasa (25/8/2015) berulang tahun yang ke-20.

Ya, 20 tahun lalu, Microsoft memperkenalkan sistem operasi Windows 95 yang pada saat itu menimbulkan kehebohan. Seperti apa kehebohan yang ditimbulkan Microsoft saat peluncuran Windows 95 20 tahun yang lalu?

Dikutip KompasTekno dari Mashable, Selasa (25/8/2015), peluncuran sistem operasi Microsoft terbaru saat itu menghabiskan dana 300 juta dollar AS untuk promosi, termasuk menggandeng bintang seri komedi Friends, Jennifer Aniston and Matthew Perry dalam video tutorialnya.

ist CEO Microsoft Bill Gates saat meluncurkan Windows 95 di Redmond, Washington.

ist CEO Microsoft, Bill Gates dan komedian Jay Leno saat peluncuran Windows 95 di Redmond, Washington.

Iklan Windows 95 di televisi-televisi juga menggunakan lagu Rolling Stones berjudul "Start Me Up" untuk memperkenalkan tombol Start yang baru diperkenalkan saat itu.

Selain tombol Start, Microsoft juga memperkenalkan Task Bar di bagian bawah layar yang masih dipertahankan hingga saat ini.

Selain itu, Windows 95 juga mendukung penamaan file 250 karakter dan fitur "Plug and Play" yang mempermudah penambahan hardware.

ist Peluncuran Windows 95

ist Peluncuran Windows 95

Toko-toko elektronik pada saat itu juga menggelar penjualan  pada dini hari dan ribuan orang rela mengantre untuk menyambut sistem operasi Microsoft baru yang "hanya" butuh memori RAM 4 MB dan ruang hard disk sebesar 55 MB itu.

Promosi tersebut memang sukses, Microsoft berhasil menjual 7 juta kopi Windows 95 dalam waktu lima pekan pertama semenjak diluncurkan, rekor yang fantastis pada saat itu. Windows 95 pun menjadi sistem operasi populer di pasar sebelum akhirnya Windows 98 diluncurkan tiga tahun berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com