Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartfren: iPhone 6 Sudah Mendukung 4G LTE-A

Kompas.com - 26/08/2015, 13:01 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com  - Seiring implementasi teknologi 4G LTE Advanced, Smartfren membuka diri agar layanan mereka bisa dipakai di berbagai ponsel. Salah satunya adalah, iPhone buatan Apple.

Jaringan 4G LTE Advanced yang dipakai Smartfren merupakan gabungan teknologi berbasis time division duplex (TDD) di frekuensi 2.300 MHz dan frequency division duplex di frekuensi 850 MHz.

Internet cepat itu bisa dipasangkan dengan berbagai handset yang mendukung dua jaringan di atas. Ini berbeda dengan dengan saat internet Smartfren masih menggunakan jaringan CDMA, layanan hanya bisa dipakai handset tertentu (Andromax).

"iPhone ini sudah mendukung TDD 2.300 MHz an FDD 850 MHz, tapi memang belum bisa voice over LTE (VoLTE)," terang Chief Brand Officer Smartfren Roberto Saputra sambil memegang iPhone 6 miliknya, usai Uji Jaringan Smartfren 4G LTE Advanced di Semarang, Selasa (25/8/2015).

Di masa yang akan datang, Roberto mengakui Smartfren akan menjalin kerja sama dengan berbagai vendor ponsel sehingga layanan mereka bisa dipakai lebih banyak orang. Beberapa diantaranya adalah Apple, Samsung, dan HiSense.

Kerja sama tersebut bertujuan membangun ekosistem 4G LTE dari sisi ketersediaan perangkat. Terutama karena saat ini kebanyakan handset sudah mendukung frekuensi 850 MH, namun tidak banyak yang mendukung 2.300 MH.

"Mungkin saja (dengan Apple). Karena ke depan, kami akan membangun ekosistem bersama para produsen ponsel. Saat ini kami sudah membicarakannya dengan sejumlah merek besar," ujar Roberto.

"Kerja sama open market seperti ini memang ada syarat-syarat khusus, tapi lebih pada soal dukungan terhadap frekuensi Smartfren. Kalau soal desain atau ketentuan prosesor sih tidak," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com