Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy Note 5 64 GB Belum "Berani" Masuk Indonesia

Kompas.com - 28/08/2015, 15:06 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - “Phablet” terbaru Galaxy Note 5 dari Samsung sebenarnya terdiri dari dua versi yang dibedakan dari kapasitas media penyimpanan internal, yakni 32 GB dan 64 GB. Namun, dalam acara peluncuran di Jakarta, Kamis (27/8/2015), pihak Samsung Indonesia hanya mengumumkan kehadiran versi 32 GB.

Ke mana Galaxy Note 5 64 GB? Rupanya pihak Samsung memilih untuk lebih dulu memasarkan Galaxy Note 5 32 GB sambil melihat reaksi konsumen.

“Kami masih menunggu, melihat untuk kondisi market saat ini. Karena, versi dengan memori lebih besar ‘kan akan lebih mahal,” ujar Vice President Samsung Electronics Indonesia Andre Rompis menjawab pertanyaan wartawan dari panggung acara.

Di Indonesia, harga Galaxy Note 5 32 GB memang sudah mencapai kisaran Rp 10 juta. Apabila ada, maka bisa dipastikan bahwa banderol versi 64 GB dari perangkat yang bersangkutan akan melebihi angka tersebut.

Sementara itu, “saudara" Galaxy Note 5, yakni Galaxy S6 Edge Plus, juga hanya tersedia di Indonesia dengan pilihan kapasitas media penyimpanan sebesar 32 GB.

Oleh situs e-commerce Lazada yang menjadi rekanan eksklusif Samsung untuk memasarkan Galaxy S6 Edge Plus, perangkat ini dijual dengan harga mencapai Rp 12,5 juta.

Pakai cloud

Kapasitas media penyimpanan 32 GB berpotensi membatasi kebebasan pengguna Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus dalam menggunakan perangkat itu. Terlebih lagi kedua perangkat tak dibekali slot kartu memori micro-SD.
 
Namun, pihak Samsung menyodorkan solusi lain dalam bentuk paket penyimpanan data berbasis cloud yang dibundel dalam paket penjualan.

“Kami menyediakan cloud storage One Drive sebesar 100 GB yang disertakan gratis bersama Galaxy Note 5,” kata Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Flegon Koen dalam sesi wawancara seusai acara.

Pemilik Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus nantinya diharapkan bakal memanfaatkan fitur cloud storage yang membutuhkan sambungan internet ini sebagai alternatif solusi penyimpanan data.

“Saya sarankan agar mentransfer data di rumah menggunakan Wi-Fi dan saat perangkat tersambung ke charger, karean proses upload ke cloud lumayan memakan daya,” imbuh Flegon.

Selain cloud storage, Flegon menambahkan bahwa para pemilik Galaxy Note 6 dan Galaxy S6 Edge Plus bisa pula menggunakan flash drive USB OTG yang banyak tersedia di pasaran dengan harga relatif terjangkau.

Flash drive OTG ini tinggal ditancapkan ke port micro-USB saja, nanti akan terbaca dan bisa dipakai seperti flash drive di komputer,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com