Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa Depan Adalah Eranya Robot

Kompas.com - 29/08/2015, 11:24 WIB

Oleh: Shermine Gotfredsen, General Manager, APAC, Universal Robots

Zaman Robot

Pemimpin Umum SoftBank Group dari Jepang, Masayoshi Son, memprediksi pada Juni tahun ini, bahwa robot akan lebih banyak ketimbang manusia dalam 30 tahun mendatang.

Tak terbantahkan bahwa masyarakat kagum pada robot yang mampu meniru manusia dan mengerjakan tugas-tugasnya. Sektor pabrikan senang dengan kemampuan robot dan memesan banyak.

Menurut International Federation of Robotics, lebih dari 200 ribu robot industrial terjual di seluruh dunia pada 2014. Permintaan akan robot industrial akan terus bertumbuh 12 persen rata-rata per tahun dari 2015 hingga 2017.

Memilih berinvestasi

Perusahaan-perusahaan besar dengan jalur produksi yang panjang bukanlah satu-satunya yang bisa memanfaatkan teknologi robotik.

Robot industrial modern, kini dengan frame dan footprint yang kecil, juga menarik bagi usaha kecil dan menengah (UKM). Namun pengeluaran investasi awal bagi UKM cukup signifikan.

Keputusan untuk mengadopsi teknologi baru sering bergantung pada salah satu dari metrik keuangan ini: periode impas atau Return of Investment (ROI).

Periode impas (payback) dinyatakan dalam tahun dan merupakan waktu yang dibutuhkan untuk melunasi jumlah dana yang diinvestasikan dalam aset melalui arus kas bersih yang dihasilkan oleh aset itu.

Ada banyak kerugian kalau mengukur risiko investasi cara ini. Yakni, metrik ini tidak memperhitungkan keuntungan masa depan setelah periode impas. Ini berarti bahwa nilai jangka panjang dari robot industri tidak terefleksikan.
 
ROI biasanya dinyatakan sebagai sebuah persentase, yang memperhitungkan laba bersih dari investasi relatif terhadap biaya yang dikeluarkan.

“Kebanyakan pabrikan memiliki cara tradisional dalam menghitung ROI dan mereka mendasarkan pada penghematan tenaga kerja langsung dan keuntungan jangka pendek. Tetapi manfaat nyata dari robotik tidak pada jangka pendek,” kata Ron Potter, Direktur Teknologi Robotika Factory Automation Systems, Inc.

Tiga poin untuk dipertimbangkan

Ada penghematan tak langsung dan keuntungan yang mungkin tak terefleksikan dalam angka-angka ROI atau periode impas.

Sangat penting untuk mempertimbangkan penghematan dan manfaat ketika memutuskan untuk mengadopsi robot. Ini meliputi pengeluaran yang terkait dengan karyawan, stabilitas produksi, dan waktu untuk rekrutmen dan pelatihan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com