Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Screenshot Bisa Bersuara dan Ditulisi dengan Microsoft Snip

Kompas.com - 30/08/2015, 08:03 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft menambah satu layanan lagi ke dalam keluarga Office. Bertajuk "Microsoft Snip", layanan ini diklaim bakal membuat data-data screenshot pengguna lebih bermakna.

Setelah menjepret berita sebuah situs, gambar, atau dokumen lainnya dari layar perangkat, pengguna bisa mencoret-coret hasil screenshoot. Tak hanya itu, pengguna juga bisa menyematkan audio pada dokumen tersebut.

Dilansir KompasTekno, Jumat (28/8/2015) dari TheVerge, Snip akan lebih mengakomodir interaktivitas dalam menanggapi atau menyatakan buah pikiran atas berita online atau dokumen lain yang beredar di internet.

Dalam satu kasus, misalnya pimpinan organisasi media ingin mengkritik artikel yang ditulis reporternya. Jika tak sempat bertatap muka, si pimpinan cukup menyertakan screenshot artikel yang diolah dengan Snip.

Maka si reporter bisa mendengar audio suara pimpinan menanggapi artikelnya. Untuk mempertegas maksud, adapula coretan-coretan warna-warni yang disematkan pimpinan pada hasil screenshot artikel. Berikut antarmuka aplikasi Snip.

Karena mendukung audio dan gambar, maka format data pada Microsoft Snip pun ada dua. Screenshot dasar dengan coretan-coretan akan tersimpan otomatis dalam format standar.

Jika pengguna menyematkan audio (dengan menekan tool "Record" pada sisi kiri atas antarmuka aplikasi), maka file akan tersimpan dalam format MP4. Hasilnya bisa dibenamkan (embedded) pada situs layaknya file video.

Saat ini, Microsoft Snip masih dirilis dalam bentuk beta. Untuk mengunduh versi beta, buka tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com