Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Kembangkan Layanan Rumah Tangga

Kompas.com - 31/08/2015, 08:21 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber WSJ

KOMPAS.com - Google tengah mengekspansi layanan pencariannya menjadi pemesan layanan rumah tangga (home service). Saat pengguna mencari "layanan perbaikan toilet", "layanan pembersih rumah" dan layanan-layanan serupa, Google bakal menghubungkan pengguna ke layanan-layanan tersebut secara langsung.

Mekanismenya sama seperti aplikasi Uber atau Go-Jek. Google bertindak sebagai layanan perantara untuk menghubungkan pengguna dengan penyedia layanan pihak ketiga.

Bedanya, Google baru bergerak pada layanan rumah tangga saja. Selain itu, Google sekaligus tetap mempertahankan layanan pencarian informasinya.

Jadi, tiap pengguna mencari "layanan perbaikan toilet" di kolom pencarian, selain mencarikan layanannya, Google masih memberikan artikel-artikel atau informasi-informasi terkait lainnya.

Setelah dilayani, pengguna juga bisa menuliskan ulasan dan memberi rating ke layanan yang digunakan. Semua aktivitas itu dimungkinkan tanpa harus beranjak dari situs pencarian Google.

Engadget Antarmuka pencarian di Google saat mencari layanan rumah tangga

Dilansir KompasTekno, Sabtu (29/8/2015) dari Wall Street Journals, kemampuan tambahan layanan Search tersebut baru berfungsi di San Fransisco, Amerika Serikat.

Namun tak menutup kemungkinan layanan itu akan diboyong pula ke negara-negara lainnya.
Layanan ini merupakan hasil pengembangan dari divisi teknologi iklan Google.

Para penyedia layanan pihak ketiga bisa membayar agar layanannya terpatri di jejeran pertama pada hasil pencarian Google. Di AS, layanan serupa Google telah lebih dulu dijalankan oleh Amazon, Yelp, Angie's List dan TaskRabbit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WSJ

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com