Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosesor Terbaru Snapdragon Bisa Deteksi Malware di Ponsel

Kompas.com - 01/09/2015, 11:25 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Qualcomm
KOMPAS.com - Produsen prosesor Qualcomm lewat chipset terbarunya Snapdragon 820 mencoba bersaing dengan aplikasi anti virus dengan mengembangkan teknologi Snapdragon Smart Protect untuk melindungi perangkat mobile dari malware.

Teknologi yang dibuat oleh Qualcomm tersebut diklaim lebih pintar dari anti virus biasa.

Dikutip KompasTekno dari situs resmi Qualcomm, Selasa (1/9/2015), kebanyakan sofware antivirus saat in hanya mengandalkan file signature aplikasi yang diunduh dan membandingkannya dengan database yang dimiliki.

Padahal, dengan hanya mengubah kode binary aplikasi, sebuah malware bisa saja lolos tidak terdeteksi karena tidak ada dalam basis data software antivirus tadi.

Teknologi yang dikembangkan Qualcomm adalah API (application program interface) yang bisa digunakan oleh pembuat smartphone dan vendor aplikasi antivirus sebagai pelengkap solusi keamanan mereka.

API tersebut secara pintar dan real time akan menganalisa perubahan-perubahan dalam binari.

Snapdragon Smart Protect didesain untuk menganalisis dan mendeteksi aplikasi jahat baru sebelum file signature-nya terdeteksi dan tercantum dalam basis data aplikasi antivirus pada umumnya.

Hal tersebut bisa dilakukan Qualcomm berkat teknologi machine learning-based behavioral analysis yang diproses oleh mesin Qualcomm Zeroth yang tertanam dalam chipset Qualcomm Snapdragon 820.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Qualcomm
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com